Jumat, 12 Agustus 2016
WAJIB BACA AL FATIHAH...!!!. DALAM SHOLAT SENDIRI ATAUPUN SHOLAT BARJAMAAH...!!!
Dalam kitab fathul Qorib
وَالرَّابِعُ قِرَاءَةُ الْفَاتِحَةِ اَوْ بَدَلِهَا لِمَنْ لاَيَحْفَظُهَا فَرْضًا كَانَتْ اَوْ نَفْلاً وَبِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ اَيَةٌ مِنْهَا كَامِلَةً وَمَنْ اَسْقَطَ مِنَ الْفَاتِحَةِ حَرْفًا اَوْ تَشْدِيْدَهُ اَوْ بَدَّلَ حَرْفًا مِنْهَا بِحَرْفٍ لَمْ تَصِحَّ قِرَاءَتُهُ وَلاَصَلاَتُهُ (فتح القريب ص:13 )
Artinya: “Rukun sholat yang ke empat yaitu membaca surat Al fatihah, atau penggantinya bagi orang yang tidak hafal surat al fatihah, dalam sholat fardhu atau shlat sunah, dan بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ termasuk ayat dari surat Al fatihah. Barang siapa menggugurkan huruf atau tasydidnya al fatihah atau mengganti hurufnya dengan huruf lain maka tidak sah bacaan fatihah nya dan tidak sah sholatnya”. (Fathul Qorib, hal: 13).
Sebagaimana yang di ajarkan rosululloh dalam hadist beliau
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَامِتِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لاَصَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَاءْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ (رواه البخارى رقم:756 مسلم رقم:394 ابو داود رقم:822 الترمذى رقم:247 ابن ماجة رقم:837 )
Artinya:Dari ‘Ubadah bin Assomit, sesungguhnya Rosululloh Saw. ber sabda: ”Tidak ada sholat bagi orang yang tidak membaca surat Al fatihah”. (HR. Buhori no:756, Muslim no:394, abu daud no:822, Attirmidzi no:247, Ibnu majah no:837).
Dari hadist yang shohih ini kita mengetahui bahwa membaca surat al fatihah di dalam sholat adalah fardhu atau suatu kewajiban, Apakah sholat sendiri atau berjamaah, menjadi imam atau ma’mum. Keterang an seperti ini di jelaskan oleh banyak ulama termasuk oleh Imam Buhori yang meriwayatkan hadist ini, hadist ini Oleh Imam buhori di letakan dalam bab:
بَابُ وُجُوْبِ الْقِرَاءَةِ لِلْاِمَامِ وَالْمَأْمُوْمِ فِى صَلَوَاتِ كُلِّهَا فِى الْحَضَرِ وَالسَّفَرِ وَمَا يُجْهَرُ وَمَا يُخَافَتُ (فتح البارى جزء:3 ص:204 )
Artinya: “BAB INI MENERANGKAN WAJIBNYA MEMBACA (FATIHAH) BAGI IMAM DAN MA’MUM DALAM SEMUA SHOLAT, DALAM MASA BEPERGIAN ATAU TADAK, DALAM SHOLAT YANG DI JAHARKAN DAN SHOLAT YANG DI SIR KAN”. (Fathul bari, juz:3 hal:204).
Ini artinya Imam buhori yang meriwayatkan hadist berpendapat bahwa: “Membaca surat alfatihah itu wajib hukumnya dalam semua sholat, apakah sholat sendiri atau berjamaah, di saat menjadi imam atau menjadi ma’mum, dalam sholat yang di jaharkan membacanya ( seperti sholat maghrib, isya’, subuh, dll) atau sholat yang di sirkan dalam membacanya (seperti sholat dhuhur, asar, dll).
Sebagaimana tersebut dalam hadist shohih yang di riwayatkan oleh Imam Muslim dan yang lainya.
1. Hadist nabi saw.
عَنْ اَبِىْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ صَلَّى صَلاَةً لَمْ يَقْرَاءْ فِيْهَا بِأُمِّ الْقُرْأَنِ فَهِيَ خِدَاجٌ ثَلاَثًا غَيْرُ تَمَامٍ فَقِيْلَ لِاَبِيْ هُرَيْرَةَ اِنَّا نَكُوْنُ وَرَاءَ الْاِمَامِ فَقَالَ: اِقْرَاءْ بِهَا فِى نَفْسِكَ ( رواه مسلم رقم:395 ابو داود رقم:821 ابن ماجة رقم:838 )
Artinya: Dari abi huroiroh ra. dari nabi saw. bersabda:”Barang siapa melakukan sholat dengan suatu sholat(sholat apapun), tidak membaca di dalamnya ummil qur’an(surat alfatihah), maka sholatnya kurang tiga kali (nabi mengatakan), tidak sempurna”. Ditanyakan kepada abi huroiroh “sesungguhnya kami berada di belakang imam (menjadi ma’mum)”. Abi huroiroh menjawab: “Bacalah surat alfatihah itu di dalam dirimu(bacalah dengan sir atau pelan)”. (HR. Imam Muslim no:395, Abu Daud no:821, Ibnu majah no:
838).
Hadist shohih ini di riwayatkan juga oleh Imam baihaqi, Imam ibnu huzaimah no: 802 dan ia menshohihkanya, Imam Ibnu hiban no: 1784 ia menshohihkanya. (shohih ibnu hiban juz: 5, hal: 85).
Imam nawawi menjelaskan ma’na Hadist di atas
اِقْرَاءْ بِهَا فِى نَفْسِكَ فَمَعْنَاهُ: اِقْرَاءْهَا سِرًّا بِحَيْثُ تَسْمَعُ نَفْسُكَ... لِاَنَّ الْقِرَاَةَ لاَ تُطْلَقُ اِلاَّ عَلَى حَرَكَةِ اللِّسَانِ بِحَيْثُ يَسْمَعُ نَفْسُهُ ( شرح صحيح مسلم جزء:4 ص:136
Artinya:”Bacalah dalam dirimu” ma’nanya: “Bacalah dengan sir sekira terdengar oleh dirimu” ...(Imam nawawi menganggap keliru ketika di ma’nai dengan tadabbur (mengangan angan). Karena الْقِرَاَةَ :”membaca”, tidak di ucapkan kecuali dengan menggerakan lisan sekira dirinya mendengar”. (Syarah shohih muslim, juz: 4, hal: 136).
2. Hadist nabi Saw.
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَامِتِ قَالَ: كُنَّا خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى صَلاَةِ فَجْرِ فَقَرَاءَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَثَقُلَتْ عَلَيْهِ الْقِرَاءَةُ, فَلَمَّا فَرَغَ قَالَ: لَعَلَّكُمْ تَقْرَؤُوْنَ خَلْفَ اِمَامِكُمْ ؟ قُلْنَا: نَعَمْ هَذَا يَا رَسُوْلَ اللهِ, قَالَ: لاَتَفْعَلُوْا اِلاَّ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فَاِنَّهُ لاَصَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَاءْ بِهَا (رواه احمد, ابوداود رقم:823 الترمذى رقم:311 وقال: حديث حسن, وَصححه الحاكم جزْ:1 ص: 238وابن حبان رقم:1785 )
Artinya: dari ‘Ubadah bin Asshomit berkata:”Kami di belakang rosululloh saw. dalam sholat fajar,Maka menjadi berat bacaan rosululloh saw. Ketika sholat telah selesai rosululloh bersabda:”apakah kalian mem baca di belakang imam kamu?”, kami menjawab:” iya..kami membaca wahai rosululloh”. Rosululloh bersabda:”Jangan kamu lakukan (jangan kalian baca) kecuali surat alfatihah, karena sesungguhnya tidak ada sholat bagi orang yang tidak membaca surat al fatihah”.
(Hr. Ahmad, Abu Daud no:823, Attirmidzi no: 311).
Imam attirmidzi berkata:”Hadist ini hadist hasan, dan di shohihkan oleh imam Hakim dalam shohihnya juz:1 hal:238, dan Imam Ibnu hiban no:1785.
Imam Ibnu hiban meletakan hadist ini dalam BAB
ذِكْرُ الْخَبَرِ الْمُصَرَّحِ بِاَنَّ الْفَرْضَ عَلَى الْمَأْمُوْمِيْنَ قِرَاءَةُ الْفَاتِحَةِ الْكِتَابِ كَهُوَ عَلَى الْمُنْفَرِدِ سَوَاءٌ ( صحيح ابن حبان جزء:5 ص:86 )
MENYEBUTKAN HADIST YANG JELAS, SESUNGGUHNYA WAJIB ATAS MA’MUM MEMBACA AL FATIHAH SEPERTI SHOLAT SENDIRI”
(Shohih ibnu hiban juz: 5 hal: 86).
Imam attirmidzi mengomentari hadist di atas beliau berkata:
وَالْعَمَلُ عَلَى هَذَاالْحَدِيْثِ فِى الْقِرَاءَةِ خَلْفَ الْاِمَامِ عِنْدَ اَكْثَرِ اَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ اَصْحَابِ النَّبِىِّ ًضلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالتَّبِعِيْنَ ( سنن الترمذى جزء:1 ص:335 )
Artinya:” mengamalkan atas hadist ini(sebagai hujah), dalam membaca al fatihah di belakang imam,adalah(pendapat) bagi kebanyakan ahli ilmu, mulai dari para shahabat nabi saw. dan para ulama tabi’in (ulama setelah shahabat nabi)”.
(Sunan attirmidzi juz:1 hal: 335)
Adapun hadist riwayat Jabir ra. di bawah ini, yang menerangkan bahwa bacaan fatihah imam telah mencukupi bagi ma’mum, adalah hadist dho’if, seperti yang di katakan oleh Al hafidz Imam Ibnu hajar dalam Kitab Fathul bari, juz: 3, hal: 210.
عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ كَانَ لَهُ اِمَامٌ فَقِرَاءَةُ الْاِمَامِ لَهُ قِرَاءَةٌ (رواه ابن ماجة رقم:850 )
Artinya: dari jabir ra. ia berkata, Rosululloh Saw bersabda:”Barang siapa (sholat) baginya ada imam, maka bacaan (fatihah) Imam men cukupi baginya”. (HR. Ibnu hiban, no:850).