Assalamu 'Alaikum Wr. Wb.
Saya mau tanya?? auratnya orang laki-laki terhadap laki-laki lain itu apakah tetap baina surroh warruqbah atau tidak ada aurat?? karena dimasjid-masjid banyak kamar mandi yang terbuka, tempat kencing yang terbuka. itu hukumnya bagaimana?? kadang juga kamar mandinya satu dan luas sehingga mampu mengisi puluhan qodil hajah..
Jawaban :
Wa'alaikum Salam Wr. Wb
Aurat laki-laki terbagi menjadi tiga :
- Ketika shalat atau dihadapan orang laki-laki lain atau perempuan mahramnya, yaitu : antara pusar dan lutut.
- Dihadapan perempuan ajnabiyah, yaitu : seluruh badannya.
- Ketika sendiri (tanpa kehadiran orang lain), yaitu : dua kemaluannya.
Aurat wajib ditutup dan haram dibuka walaupun untuk tujuan wudhu’ atau lainnya.
Adapun masalah kamar mandi masjid yang terbuka atau tidak ada penyekat, itu karena kekurangfahaman pengurus masjid (takmir masjid) terhadap masalah aurat.
حاشيتا قليوبي – وعميرة – (ج 2 / ص 443)
( وَعَوْرَةُ الرَّجُلِ ) أَيْ الذَّكَرِ ، يَقِينًا وَلَوْ غَيْرَ مُمَيِّزٍ يَطُوفُ الْوَلِيُّ بِهِ . قَوْلُهُ : ( مَا بَيْنَ إلَخْ ) شَمِلَ الْبَشَرَةَ وَالشَّعْرَ وَإِنْ خَرَجَ بِالْمَدِّ عَنْ الْعَوْرَةِ ، وَقِيلَ عَوْرَةُ الرَّجُلِ سَوْأَتَاهُ فَقَطْ ، وَخَرَجَ السُّرَّةُ وَالرُّكْبَةُ فَلَيْسَتَا مِنْ الْعَوْرَةِ ، لَكِنْ يَجِبُ سَتْرُ الْجُزْءِ الْمُلَاصِقِ مِنْهُمَا لَهَا ، لِتَمَامِ سَتْرِهَا الْوَاجِبِ ، وَكَذَا عَوْرَتُهُ مَعَ النِّسَاءِ الْمَحَارِمِ أَوْ مَعَ الرِّجَالِ مُطْلَقًا ، وَأَمَّا مَعَ النِّسَاءِ الْأَجَانِبِ فَجَمِيعُ بَدَنِهِ ، وَأَمَّا فِي الْخَلْوَةِ فَسَوْأَتَاهُ . ( فَائِدَةٌ ) السُّرَّةُ مَحَلُّ الْقَطْعِ وَالسِّرُّ مُثَلَّثُ الْأَوَّلِ هُوَ مَا يُقْطَعُ مِنْهَا .
حاشية البجيرمي على الخطيب – (ج 4 / ص 413)
( وَ ) الْخَامِسُ ( عَوْرَةُ الرَّجُلِ ) أَيْ الذَّكَرِ وَإِنْ كَانَ صَغِيرًا حُرًّا كَانَ أَوْ غَيْرَهُ ، وَيُتَصَوَّرُ فِي غَيْرِ الْمُمَيِّزِ فِي الطَّوَافِ ( مَا بَيْنَ سُرَّتِهِ وَرُكْبَتِهِ ) لِخَبَرِ الْبَيْهَقِيّ : { وَإِذَا زَوَّجَ أَحَدُكُمْ أَمَتَهُ عَبْدَهُ أَوْ أَجِيرَهُ فَلَا تَنْظُرْ أَيْ الْأَمَةُ إلَى عَوْرَتِهِ } . وَالْعَوْرَةُ مَا بَيْنَ السُّرَّةِ وَالرُّكْبَةِ ، أَمَّا السُّرَّةُ وَالرُّكْبَةُ فَلَيْسَا مِنْ الْعَوْرَةِ وَإِنْ وَجَبَ سَتْرُ بَعْضِهِمَا لِأَنَّ مَا لَا يَتِمُّ الْوَاجِبُ إلَّا بِهِ فَهُوَ وَاجِبٌ