Abigail Loraine Hensel (Abby) dan Brittany Lee Hensel (Britty). Mereka Adalah 2 Gadis yang dilahirkan pada Tanggal 7 maret 1990 sebagai kembar siam parapagus disefalis simetris. Brittany adalah kembar sebelah kiri, dan Abigail di sebelah kanan. Mereka memiliki dua tulang belakang yang menyatu pada panggul. Mereka berdua telah tamat dari SMA pada tahun 2008 dan sekarang ini telah mulai kuliah di Bethel University, St. Paul, Minnesota, USA. Tanggal 7 Maret 2010 kemarin mereka telah genap berusia 20 tahun. Bahkan telah dikabarkan bahwa mereka telah ditunangkan, meskipun berita ini belum dikonfirmasi kebenarannya. Cukup sulit dibayangkan ketika mereka telah berumah tangga, khususnya kehidupan seksual mereka mengingat hanya ada satu set organ reproduksi buat mereka. Sungguh maha suci Allah yang telah menunjukkan salah satu tanda-tanda kekuasaannya pada Abby dan Brittany, si kembar berbadan satu berkepala dua saat ini (Oktober 2011) telah menginjak usia dewasa.
Pertanyaan :
a. Apakah Abby dan Britty dihukumi 1 orang atau 2 orang ?
Jawaban :
Khilaf dalam Madzhab Syafi’iy:
@ Menurut Ibn Qaththan, satu orang walaupun salah satu anggotanya ada yang dua.
@ Menurut Ibn Hajar, dua orang walaupun anggotanya tidak sempurna.
Referensi :
1. Hawasy al-Syarwaniy juz 8 hal. 353
2. Hasyiyat al-Bujairimiy ‘Ala al-Khathib juz 3 hal. 277
3. Hasyiyat al-Jamal juz 4 hal. 13
(حواشي الشرواني- (ج8 / ص 353)
( أو اثنان من إخوة وأخوات ) ، وإن لم يرثا لحجبهما بالشخص دون الوصف كما يعلم مما يأتي كأخ لأب مع شقيق ولأم مع جد ، ولو كانا ملتصقين ولكل رأس ويدان ورجلان وفرج إذ حكمهما حكم الاثنين في سائر الأحكام كما نقلوه عن ابن القطان وأقروه وظاهر أن تعدد غير الرأس ليس بشرط بل متى علم استقلال كل بحياة كأن نام دون الآخر كانا كذلك .
( حاشية البجيرمي على الخطيب - (ج 9 / ص 423)
قوله : ( وأربع أرجل وأربع أيد ) قال حج : وظاهر أن تعدد غير الرأس ليس بشرط ، بل متى علم استقلال كل بحياة كأن نام أحدهما دون الآخر فالحكم كذلك ا هـ . وعبارة ق ل : ودخل بالثاني ما لو كانا ملتصقين وأعضاء كل منهما كاملة حتى الفرجين فلهما حكم اثنين في جميع الأحكام حتى إن لكل منهما أن يتزوج سواء كانا ذكرين أو أنثيين أو مختلفين ، فإن نقصت أعضاء أحدهما فإن علم حياة أحدهما استقلالا كنوم أحدهما ويقظة الآخر فكاثنين أيضا وإلا فكواحد ا هـ .قوله : ( حكم الاثنين ) وهل يكلف كل منهما بموافقة الآخر على فعل ما وجب عليه من صلاة وحج وغيرهما من كل ما يتوقف على الحركة أو لا ؟ سئل عن ذلك حج ، فأجاب بأنه لا يجب على أحدهما موافقة الآخر في فعل شيء أراده مما يخصه أو يشاركه الآخر فيه إذا لم يتأت فعل كل منهما لذلك بأن كان ظهر أحدهما لظهر الآخر لأن تكليف الإنسان بفعل لأجل غيره من غير نسبته لتقصير ولا لسبب فيه منه لا نظير له ولا نظر لضيق وقت الصلاة في تلك الصورة ؛ لأن صلاتهما معا لا تمكن لأن الفرض تخالفهما أي تخالف وجهيهما .
حاشية الجمل 4/13 دار الفكر
(ولأم لميتها ذلك) أي فرع وارث (أو عدد من إخوة وأخوات ) إثنان فأكثر لما مر
قَوْلُهُ: أَيْ فَرْعٌ وَارِثٌ, أَوْ عَدَدٌ إلَخْ) قَالَ الشَّارِحُ فِي شَرْحِ الْفُصُولِ كَالرَّوْضِ وَلَوْ اجْتَمَعَ مَعَ الأُمِّ فَرْعٌ وَاثْنَانِ مِنْ الإِخْوَةِ فَالظَّاهِرُ كَمَا قَالَ ابْنُ الرِّفْعَةِ وَغَيْرُهُ إضَافَةُ الْحَجْبِ إلَى الْفَرْعِ ; لأَنَّهُ أَقْوَى والملتصقان مع تمام أعضائهما كالاثنين في جميع الأحكام لكن قال الشيخ حج وظاهر أن تعدد غير الرأس ليس بشرط بل متى علم استقلال كل بحياة كأن نام دون الآخر كان كذلك ا هـ ح ل .
b. Jika dihukumi 2 orang, bagaimana pernikahan dan cara memberi nafkah batin oleh suami-suami mereka?
Jawaban :Khilaf dalam Madzhab Malikiy:
@ Ibn ‘Arafah, shah nikahnya dan boleh disetubuh, karena dianggap satu orang
@ Qadliy ‘Iyadl, tidak boleh nikahnya karena dianggap menikahi dua orang saudara kandung
Referensi :
1. Mawahib al-Jalil li-Syarh Mukhtashar al-Khalil juz 1 hal. 280
مواهب الجليل لشرح مختصر الخليل - (ج 1 / ص 280) شمس الدين أبو عبد الله محمد بن محمد بن عبد الرحمن الطرابلسي
فرع : قال في السليمانية في امرأة خلقت من سرتها إلى أسفل خلقة امرأة واحدة وإلى فوق خلقة امرأتين إنها تغسل منها محل الأذى وتغسل الوجهين فرضا أو سنة والأيدي الأربع وتمسح الرأسين وتغسل الرجلين نقله عنها ابن عبد السلام وابن عرفة وابن ناجي وغيرهم. وقوله فرضا أو سنة يعني تغسل المفروض والمسنون كالمضمضة والاستنشاق زاد في السليمانية قيل له أفتوطأ هذه قال نعم ونقلها ابن عرفة بلفظ ويصح وطؤها بنكاح بالإجماع عياض بأنهما أختان ورده ابن عرفة بمنع ذلك لوحدة متعة الوطء لاتحاد محله.قلت: وانظر لو كان رجلا هل يجوز أن يتزوج أيضا امرأة نظرا إلى اتحاد محل الوطء أو يمنع ذلك لأنهما رجلان من فوق ولا يجوز لرجلين أن يتزوجا امرأة واحدة فتأمله أيضا والله تعالى أعلم.
c. Jika dari rahim Si kembar Hensel ini lahirlah seorang anak, bagaimana status anak tersebut?
Jawabannya: mauquf
2. JAM'IYAH KHATMIL QUR'AN | PP. Riyadlatut Thullab Lekok Pasuruan.
Di sebuah desa terdapat Jam'iyah Khotmil Qur'an yang di ikuti oleh golongan tertentu, dalam jam'iyah tersebut sudah terealisasi arisan bergilir dan uang kas untuk kebutuhan musholla, mungkin karena kebutuhan musholla sudah di angap cukup akhirnya sebagian dari golangan itu punya inisiatif mengalokasikan surplus(kelebihan) uangkas tadi untuk membeli seragam, namun masalah itu tak lepas dari kontra, karena ada sebagian yang mengelak kebijakan mereka.
Pertanyaan :
a. Bagaimana fiqih menyikapi hukum alokasi uang kas untuk membeli seragam ?
Jawaban :
Tidak boleh, karena uang kas itu milik musholla.
Referensi :
وفى إعلام الساجد بأحكام المساجد للإمام بدر الدين محمد بن بهادر الزركشي الشافعي ص 283 (دار الكتب العلمية)
مانصه : قال الشيخ أبو محمد الجوينى فى كتاب موقف الإمام والمأموم : لو سأل واحد من أهل العلم الناس مالا واستجداهم وقال : إنما أطلب ذلك لبناء مدرسة فبذلوا له مالا فاشترى بقعة وجعلها مدرسة ووزن ثمنها من ذلك المال ثم زعم : إني اشتريت هذه البقعة لنفسى وصارت لي فأتصرف فيها حيث شئت فأجعلها مسجدا أو أستديم ملكي عليها فهذا غلط منه ولاسبيل الى ذلك والواجب صرف تلك البقعة الى الجهة التى بذلوا المال لها وإن جعلها هذا العالم مسجدا لم تصر مسجدا وصارت بتعين الشراء مدرسة لما تقدم من البيان والتقييد السابق ، وإنما ذكرنا هذا الجواب على أصل منصوص للشافعي فى بعض كتبه القديمة ، ولو لم يصيرها مصروفة الى الجهة الموصوفة لأوجبنا على هذا العالم المشتري أن يرد على الناس ما أخذ منهم من الأموال لأنها مبذولة لجهة مخصوصة ولم يستعملها فى تلك الجهة. وهذه طريقة سلكها أبو العباس إبن سريج وفرع عليها مسائل وفيها مصالح لأموال الناس وإن كان القياس غيرها ، انتهى لفظه.
b. Bolehkah bila salah satu dari anggota melarang orang lain mengikuti kegiatannya dengan alasan karena bukan termasuk anggotanya ?
Jawaban :
Boleh melarangnya, karena haknya orang yang bersangkutan.
Referensi :
Tuhfatul Muhtaj fi Syarh al-Minhaj juz 9 hal. 472
تحفة المحتاج في شرح المنهاج ج 9 ص 472
وعلم مما تقرر أنه يحرم التطفل وهو الدخول إلى محل الغير لتناول طعامه بغير إذنه ولا علم رضاه أو ظنه بقرينة معتبرة بل يفسق بهذا إن تكرر منه للحديث المشهور أنه يدخل سارقا ويخرج مغيرا وإنما لم يفسق بأول مرة للشبهة ولأن شرط كون السرقة فسقا مساواة المسروق لربع دينار كالمغصوب على ما فيهما ومنه أن يدعي ولو صوفيا مسلكا وعالما مدرسا فيستصحب جماعته من غير إذن الداعي ولا ظن رضاه بذلك وأما إطلاق بعضهم أن دعوته تتضمن دعوة جماعته فليس في محله بل الصواب ما ذكرته فيه من التفصيل .
( قوله يحرم التطفل إلخ ) وقيد ذلك الإمام بالدعوة الخاصة أما العامة كأن فتح الباب ليدخل من شاء فلا تطفل والطفيلي مأخوذ من التطفل وهو منسوب إلى طفيل رجل من أهل الكوفة كان يأتي الولائم بلا دعوة فكان يقال له طفيل الأعراس ا هـ مغني .
( قوله وهو الدخول لمحل غيره ) وكحرمة الدخول لأكل طعام الغير دخوله ملك غيره بلا إذن مطلقا وإنما اقتصر على ما ذكر ؛ لأنه مسمى التطفل ثم المراد بمحله ما يختص به بملك أو غيره وينبغي أن مثل ذلك ما لو وضعه في محل مباح كمسجد فيحرم على غير من دعاه ذلك ا هـ ع ش ( قوله بل يفسق بهذا ) أي بتناول طعام الغير بالتطفل .
3. SHAHIBUL JABIRAH | PP. Miftahul Ulum Betet Pamekasan.
Islam adalah agama yang arif dan bijaksana terhadap umatnya. Segala hal yang di anggap memberatkan dan merepotkan masih bisa di tolelir dengan cara-cara yang lebih ringan dan mudah. Hal ini berpangkal pada ayat al-Qur'an yang diantaranya يريد الله بكم اليسر ولا يريد بكم العسر . Maka tak heran bila ulama- ulama fikih merumuskan sebuah kaidah المشقة تجلب التيسير . Namun dalam litratur-literatur fiqih terdapat sebuah permasalan yang cendrung merepotkan bagi si pelaku, yaitu tentang cara bersuci bagi orang hadats kecil yang mengenakan perban (صاحب الجبيرة) yang mana perakteknya adalah harus membasuh anggota badan yang normal terlebih dahulu kemudian melakukan tayammum, ketika sampai pada giliran membasuh anggota badan yang ada perbannya kemudian melanjutkan lagi membasuh anggota badan yang normal. Dengan peraktek ini sudah barang tentu merepotakan dan menyulitkan bagi صاحب الجبيرة itu sendiri.
Pertanyaan :
a. Atas dasar apakah ulama fikih merumuskan peraktek bersuci bagi صاحب الجبيرة sebagaimana dalam deskripsi masalah di atas?
Jawaban :
Ada dasarnya:
1. Al-Quran
لايكلف الله نفسا إلا وسعها
2. Hadits
إذا أمرتكم بأمر فأتوا منه ما استطعتم
3. Al-Qaidah al-Fiqhiyah
الميسور لايسقط بالمعسور
Referensi :
Surat al-Baqarah ayat 286
Bulugh al-Maram hal.
‘Ianat al-Thalibin juz 1 hal. 72
Al-Qa’idah al-Fiqhiyah hal.
b. Adakah ulama yang memberikan solusi lain yang lebih mudah dan ringan tentang peraktek bersuci bagi صاحب الجبيرة dari pada praktek di atas ?
Jawaban : Ada, hanya membasuh jabirah saja tanpa Tayammum.
Referensi :
Al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab juz 2 hal. 370
Hasyiyat al-Quliyubiy juz 1 hal. 97
المجموع شرح المهذب. ج . 2. ص. 370.
قَالَ الْمُصَنِّفُ : رحمه الله تعالى ( إذَا كَانَ عَلَى بَعْضِ أَعْضَائِهِ كَسْرٌ يَحْتَاجُ إلَى وَضْعِ الْجَبَائِرِ وَضَعَ الْجَبَائِرَ عَلَى طُهْرٍ , فَإِنْ وَضَعَهَا عَلَى طُهْرٍ ثُمَّ أَحْدَثَ وَخَافَ مِنْ نَزْعِهَا , أَوْ وَضَعَهَا عَلَى غَيْرِ طُهْرٍ وَخَافَ مِنْ نَزْعِهَا مَسَحَ عَلَى الْجَبَائِرِ ; لِأَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم أَمَرَ عَلِيًّا رضي الله عنه أَنْ يَمْسَحَ عَلَى الْجَبَائِرِ ; وَلِأَنَّهُ تَلْحَقُهُ الْمَشَقَّةُ فِي نَزْعِهَا فَجَازَ الْمَسْحُ عَلَيْهَا كَالْخُفِّ .
وَأَمَّا التَّيَمُّمُ مَعَ غَسْلِ الصَّحِيحِ وَمَسْحِ الْجَبِيرَةِ بِالْمَاءِ , فَفِيهِ طَرِيقَانِ , أَصَحُّهُمَا وَأَشْهَرُهُمَا وَاَلَّتِي قَطَعَ الْجُمْهُورُ بِهَا : أَنَّ فِيهِ قَوْلَيْنِ أَصَحُّهُمَا عِنْدَ الْجُمْهُورِ : وُجُوبُهُ وَهُوَ نَصُّهُ فِي الْأُمِّ وَالْبُوَيْطِيِّ وَالْكَبِيرِ . وَالثَّانِي : لَا يَجِبُ وَهُوَ نَصُّهُ فِي الْقَدِيمِ , وَظَاهِرُ نَصِّهِ فِي الْمُخْتَصَرِ , وَصَحَّحَهُ الشَّيْخُ أَبُو حَامِدٍ وَالْجُرْجَانِيُّ وَالرُّويَانِيُّ فِي الْحِلْيَةِ , قَالَ الْعَبْدَرِيُّ : وَبِهَذَا قَالَ أَحْمَدُ وَسَائِرُ الْفُقَهَاءِ .
حاشية القليوبي. ج 1. ص. 97.
( وَإِنْ كَانَ ) بِالْعُضْوِ سَاتِرٌ ( كَجَبِيرَةٍ لَا يُمْكِنُ نَزْعُهَا ) بِأَنْ يَخَافَ مِنْهُ , مَحْذُورٌ مِمَّا سَبَقَ ( غَسَلَ الصَّحِيحَ وَتَيَمَّمَ كَمَا سَبَقَ ) بِمَا فِيهِ مِنْ الْخِلَافِ وَمَا يَتَرَتَّبُ عَلَيْهِ مِنْ الْمَسَائِلِ السَّابِقَةِ , وَفِي التَّيَمُّمِ هُنَا قَوْلٌ إنَّهُ لَا يَجِبُ مَعَ وُجُوبِ غَسْلِ الصَّحِيحِ وَمَسْحِ الْجَبِيرَةِ بِالْمَاءِ.
قَوْلُهُ : ( وَفِي التَّيَمُّمِ إلَخْ ) أَيْ لِأَنَّ مَسْحَ الْجَبِيرَةِ عِنْدَهُ كَافٍ عَمَّا تَحْتَهَا مِنْ الصَّحِيحِ وَالْعَلِيلِ مَعًا . قَوْلُهُ : ( اكْتِفَاءً بِهِ ) أَيْ بِالتَّيَمُّمِ عَنْ الْعَلِيلِ وَالصَّحِيحِ مَعًا .
4. TAQLID "POKOKNYA IKUT GURU"
Tidak asing lagi bagi kita sebagai seorang muslim akan pentingnya “BAROKAH” sampai-sampai rela melakukan apa saja demi mendapatkan barokah, Semisal tidak mau melakukan sesuatu yang bertentangan dengan Guru-Gurunya Seperti awal penentuan puasa, akhir bulan puasa dan amal-amal lain yang ternyata si Guru tidak memberi tau ke pada si murid (poko’e melok Guru!!!!!!)
Pertanya :
a. Apakah boleh taqlid bil amal seperti di atas ? Yang di maksud adalah mengikuti amaliyah orang ‘alim tanpa mengetahui dasar hukumnya ?
Jawaban :
Hukum mengikuti amaliyah/perbuatan orang ‘alim dalam hal selain memulai dan mengakhiri puasa Ramadhan adalah tidak boleh sebelum mengetahui dasar hukum atas perbuatan orang ‘Alim tersebut (menurut madzhab malikiyah).
Adapun mengikuti dalam hal memulai dan mengakhiri puasa Ramadlan, para musyawirin belum menemukan jawabannya (mauquf).
Referensi :
الاعتصام-غير موافق للمطبوع - (1 / 423) )أبو القاسم الحسن بن بشر الآمدي(
والثالث من أسباب الخلاف التصميم على إتباع العوائد وإن فسدت أو كانت مخالفة للحق وهو إتباع ما كان عليه الآباء والأشياخ وأشباه ذلك وهو التقليد المذموم فإن الله ذم بذلك في كتابه بقوله : { إنا وجدنا آباءنا على أمة } الآية ثم قال : { قال أو لو جئتكم بأهدى مما وجدتم عليه آباءكم قالوا إنا بما أرسلتم به كافرون } وقوله : { هل يسمعونكم إذ تدعون * أو ينفعونكم أو يضرون } فنبههم على وجه الدليل الواضح فاستمسكوا بمجرد تقليد الآباء فقالوا : { بل وجدنا آباءنا كذلك يفعلون } وهو مقتضى الحديث المتقدم أيضا في قوله : [ اتخذ الناس رؤساء جهالا ] إلى آخره فإنه يشير إلى الاستنان بالرجال كيف كان وفيما يروى عن علي بن أبي طالب رضي الله عنه : إياكم والاستنان بالرجال فإن الرجل يعمل بعمل أهل الجنة ثم ينقلب لعلم الله فيه فيعمل أهل النار فيموت وهو من أهل النار وإن الرجل ليعمل بعمل أهل النار فينقلب لعلم الله فيعمل بعمل أهل الجنة فيموت وهو من أهل الجنة فإن كنتم لا بد فاعلين فبالأموات لا بالأحياء فهو إشارة إلى الأخذ بالاحتياط في الدين وأن الإنسان لا ينبغي له أن يعتمد على عمل أحد البتة حتى يتثبت فيه ويسأل عن حكمه إذ لعل المعتمد على عمله يعمل على خلاف السنة ولذلك قيل : لا تنظر إلى عمل العالم ولكن سله يصدقك وقالوا : ضعف الروية أن يكون رأى فلانا يعمل مثله ولعله فعله ساهيا وليس من هذا القبيل عمل أهل المدينة وما أشبه ذلك لأنه دليل ثابت عند جماعة من العلماء على وجه ليس مما نحن فيه . وقول علي رضي الله عنه : فإن كنتم لا بد فاعلين فبالأموات نكتة في الموضع يعني الصحابة ومن جرى مجراهم ممن يؤخذ بقوله ويعتمد على فتواه وأما غيرهم ممن لم يحل ذلك المحل فلا كأن يرى الإنسان رجلا يحسن اعتقاده فيه فيفعل فعلا محتملا أن يكون مشروعا أو غير مشروع فيقتدى به على الإطلاق ويعتمد عليه في التعبد ويجعله حجة في دين الله فهذا هو الضلال بعينه وما لم يتثبت بالسؤال والبحث عن حكم الفعل ممن هو أهل الفتوى
وهذا الوجه هو الذي مال بأكثر المتأخرين من عوام المبتدعة إذا اتفق أن ينضاف إلى شيخ جاهل أو لم يبلغ مبلغ العلماء فيراه يعمل عملا فيظنه عبادة فيقتدى به كائنا ما كان ذلك العمل موافقا للشرع أو مخالفا ويحتج به على من يرشده ويقول : كان الشيخ فلان من الأولياء وكان يفعله وهو أولى أن يقتدى به علماء الظاهر فهو في الحقيقة راجع إلى تقليد من حسن ظنه فيه أخطأ أو أصاب كالذين قلدوا آباءهم سواء وإنما قصارى هؤلاء أن يقولوا : إن آباءنا أو شيوخنا لم يكونوا ينتحلون مثل هذه الأمور سدى . وما هي إلا مقصودة بالدلائل والبراهين مع أنهم يرون أن لا دليل عليها ولا برهان يقود إلى القول بها
5. BURSA EFEK (PUSAT PERDAGANGAN SURAT-SURAT BERHARGA DARI PERUSAHAAN UMUM)
Hasil Bahts Masail PP. Zainul Hasan Genggong
Bursa efek atau bursa saham adalah sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan efek atau saham perusahaan serta obligasi pemerintah.
Pertanyaan:
Bagaimana kedudukan mu’amalah dalam bursa efek dan kaitannya dengan zakat?
Jawaban:
Setelah melakukan pembahasan dengan seksama maka mu’tamar Nahdlatul Ulama ke 28 berpendapat bahwa: ternyata muamalah dalam bursa efek (pasar modal) itu terdapat praktik gharar (penipuan).
Dasar Pengambilan Hukum:
1. Mauhibah Dzi al-Fadl, Juz IV, Hlm. 29
قَالَ وَتَرْجِيْحُ الْجِهَةِ اْلأُوْلَى هُوَ اْلأَوْلَى ِلأَنَّهُ يَعْلَمُ بِالضَّرُوْرَةِ اَنَّ الْمَقْصُوْدَ عِنْدَ الْمُتَعَاقِدَيْنِ اِنَّمَا هُوَ الْقَدْرُ الْمَعْلُوْمُ مِمَّا تَضَمَّنَتْهُ اْلأَوْرَاقُ لاَ ذَوَاتُهَا اِلَى اَنْ قَالَ يَتَثَبَّتُوْنَ بِمَا صَدَرَ مِنَ الْفُحْشِ الْمَذْكُوْرِ اهـ
"Mengunggulkan sisi yang pertama itulah yang lebih utama. Karena secara otomatis bisa diketahui bahwa yang dikehendaki muta’akidain adalah hanya kira kira nilai yang sudah terkadung dalam kertas, bukan dztnya kertas".
2. Kifayatu al-Akhyar, Juz I, Hlm. 240
وَقَدْ نَهَى رَسُوْلُ اللهِ e عَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ، وَبَيْعُ شَيْئٍ مَوْصُوْفٍ فِى الذِّمَّةِ فَجَائِزٌ وَبَيْعُ عَيْنٍ غَائِبَةٍ لَمْ تُشَاهَدْ فَلاَ يَجُوْزُ الْبَيْعُ اِنْ كَانَ سَلَمًا فَسَيَأْتِىْ وَاِنْ كَانَ عَلَى عَيْنٍ غَائِبَةٍ لَمْ يَرَهَا الْمُشْتَرِى وَلاَ الْبَائِعُ اَوْ لَمْ يَرَهَا اَحَدُ الْمُتَعَاقِدَيْنِ. وَفِى مَعْنَى الْغَائِبَةِ الْحَاضِرَةُ الَّتِى لَمْ تُرَ، وَفِىْ صِحَّةِ بَيْعِ ذَلِكَ قَوْلاَنِ: اَحَدُهُمَا وَنَصَّ عَلَيْهِ فِى الْقَدِيْمِ وَالْجَدِيْدِ اَنَّهُ لاَ يَصِحُّ، وَبِهِ قَالَ اْلأَئِمَّةُ الثَّلاَثَةُ وَطَائِفَةٌ مِنْ اَئِمَّتِنَا، وَاَفْتَوْا بِهِ مِنْهُمُ الْبَغَوِىُّ وَالرُّوْيَانِىُّ قَالَ النَّوَوِىُّ فِى شَرْحِ الْمُهَذَّبِ: وَهَذَا الْقَوْلُ قَالَهُ جُمْهُوْرُ الْعُلَمَاءِ مِنَ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ، وَاللهُ اَعْلَمُ. قُلْتُ وَنَقَلَهُ الْمَاوَرْدِىُّ عَنْ جُمْهُوْرِ اَصْحَابِنَا قَالَ: وَنَصَّ عَلَيْهِ الشَّافِعِىُّ فِى سِتَّةِ مَوَاضِعَ وَاحْتَجُّوْا لَهُ بِحَدِيْثٍ اِلاَّ اَنَّهُ ضَعِيْفٌ ضَعَّفَهُ الدَّارُقُطْنِىُّ وَالْبَيْهَقِىُّ وَاللهُ اَعْلَمُ وَالْجَدِيْدُ اْلأَظْهَرُ وَنَصَّ عَلَيْهِ الشَّافِعِىُّ فِى سِتَّةِ مَوَاضِعَ اَنَّهُ لاَ يَصِحُّ ِلأَنَّهُ غَرَرٌ
"Rasulullah Saw telah melarang jual beli yang penuh dengan penipuan. Menjual sesuatu yang ciri cirinya disifati dalam tanggungan itu hukumnya boleh. Menjual sesuatu yang tidak bisa dilihat itu tidak boleh. Jika berupa akad pesan maka keterangannya nanti akan datang. Baik benda yang tidak bisa dilihat oleh mustari, ba’I’ atau salah satu dari keduanya. Searti dengan benda benda yang belum ada yaitu benda benda yang sudah ada tetapi tidak bisa dilihat. Dalam keabsahan jual beli di atas ada dua qaul; salah satunya sebagaimana nash dalam qaul qadim dan jadid adalah sesungguhnya hal itu tidak sah. Pendapat ini juga diucapkan oleh Imam Madzhab yang tiga dan sekelompok Imam dari golongan Syafi’iyyah diantaranya adalah Imam Baghowi dan ImamRauyany. Berkata an Nawawy dalam syarah Muhadzab qaul diatas adalah qaul dari mayoritas Ulama’ di kalangan Sahabat dan Tabi’in. Imam Mawardi mengutip pendapat dari kalangan ulama Syafi'iyyah, beliau berkata: Imam Syafi'I telah menjelaskannya dalam 6 bab, dan para pengikut Imam Syafi'i memperkuatkannya dengan sebuah hadis dlaif, yang dinilai dlaif oleh al-Daruquthni dan al-Baihaqi. Sementara dalam qaul jadid, sebagaimana yang dijelaskan Imam Syafi'i dalam 6 bab, adalah tidak sah karena ada unsur penipun".
RANCANGAN JAWABAN
AS'ILAH BAHTSUL MASA'IL PWNU JATENG DI KENDAL
OLEH : LBM PCNU KEBUMEN.
( Ahad, 25 September 2011 di Aula PCNU Kebumen)
1. HIV
Deskripsi Masalah
Ada suami positif tertular HIV, dia tidak mau memberitahukan kepada istrinya karena khawatir kalau istrinya tahu justru akan memohon fasakh nikah ke Pengadilan Agama, padahal dia sangat mencintainya. Dalam setiap melakukan hubungan suami istri dia menggunakan kondom untuk menghindari tertularnya penyakit HIV tersebut pada istrinya.
Pertanyaan
Bolehkan menyembunyikan penyakit menular seperti HIV kepada pasangan hidupnya?
Jawaban :
Tidak Boleh, karena suatu hal yang menetapkan adanya khiyar dalam nikah wajib disampaikan pada pasangannya.
1. اعانة الطالبين جزء3 ص312
وفي البجيرمي: قال البارزي ولو استشير في أمر نفسه فإن كان فيه ما يثبت الخيار وجب ذكره للزوجة.
وإن كان فيه ما يقلل الرغبة فيه ولا يثبت الخيار كسوء الخلق والشح استحب. وإن كان فيه شئ من المعاصي وجب عليه التوبة في الحال وستر نفسه ولا يذكره.
Apakah HIV termasuk aib yang membolehkan istri mengajukan fasakh nikah?
Jawaban :
Termasuk aib yang membolehkan mengajukan fasakh nikah karena penyakit HIV termasuk penyakit menular yang berakibat terhalangnya hubungan seksual suami istri (مانع الجماع والاستمتاع حكما)
1. مغني المحتاج - (ج 3 / ص 203)
قال الشافعي في الأم وأما الجذام والبرص فإنه أي كلا منهما يعدي الزوج ويعدي الولد وقال في موضع آخر الجذام والبرص مما يزعم أهل العلم بالطب والتجارب أنه يعدي كثيرا وهو مانع للجماع لا تكاد نفس أحد أن تطيب أن يجامع من هو به والولد قل ما يسلم منه فإن سلم أدرك نسله
2. المهذب جزء 2 ص449
وإن وجدت المرأة زوجها مجنونا أو مجذوما أو أبرص أو مجبوبا أو عنينا ثبت لها الخيار لما روى زيد بن كعب بن عجرة قال : تزوج رسول الله ( ص ) امرأة من بني غفار فرأى بكشحها بياضا فقال لها النبي ( ص ) : [ البسي ثيابك والحقي بأهلك ] فثبت الرد بالبرص بالخبر وثبت في سائر ما ذكرناه بالقياس على البرص لأنها في معناه منع الاستمتاع
3. الإقناع للشربيني - (ج 2 / ص 421)
قال الشافعي في الأم وأما الجذام والبرص فإنه أي كلا منهما يعدي الزوج والولد وقال في موضع آخر الجذام والبرص مما يزعم أهل العلم بالطب والتجارب أنه يعدي كثيرا وهو مانع للجماع لا تكاد النفوس تطيب أن تجامع من هو به والولد قلما يسلم منه وإن سلم أدرك نسله
فإن قيل كيف قال الشافعي إنه يعدي وقد صح في الحديث لا عدوى أنه أجيب بأن مراده أنه يعدى بفعل الله تعالى لا بنفسه والحديث ورد ردا لما يعتقده أهل الجاهلية من نسبة الفعل لغير الله تعالى (قوله قال الشافعي الخ) أشار بذلك الى ان الفسخ بذلك معقول المعنى لا تعدي.
2. ALAT MUSIK
Deskripsi Masalah :
Ada 2 (dua) keputusan muktamar NU ke-1 yang menjawab pertanyaan seputar alat musik ,berikut teksnya :
“Muktamar memutuskan bahwa segala macam alat-alat orkes (malahi) seperti seruling dengan segala macam jenisnya dan alat-alat orkes lainnya, kesemuanya haram, kecuali terompet perang ,terompet jamaah haji ,seruling gembala dan seruling permainan anak-anak dan lain-lain sebagainya yang tidak dimaksudkan dipergunakan hiburan”.
“Muktamar memutuskan bahwa segala alat yang dipukul (dibunyikan) dengan tangan ,seperti rebana dan sebagainya itu hukumnya mubah (boleh) selama alat-alat tersebut tidak dipergunakan untuk menimbulkan kerusakan dan tidak menjadi tanda-tanda orang fasiq, kecuali kubah yang ditetapkan haramnya dalam hadis (nash)”. ( lihat Ahkamul Fuqoha’ cet.1,2010,PBNU)
Dalam hasil bahtsul masail PCNU Pati, 8 Desember 2010, menyimpulkan beberapa hal :
a. Menurut Imam Ghozali dalam Ihya’ Ulumuddin semua bunyian indah apapun sumbernya adalah mubah, kecuali malahi, autar, mizmar yang ditemukan nash pelarangannya dari syar’i
فسماع هذه الأصوات يستحيل أن يحرم لكونها طيبة أو موزونة فلا ذاهب إلى تحريم صوت العندليب وسائر الطيور. ولا فرق بين حنجرة وحنجرة ولا بين جماد وحيوان. فينبغي أن يقاس على صوت العندليب الأصوات الخارجة من سائر الأجسام باختيار الآدمى كالذي يخرج من حلقه أو من القضيب والطبل والدف وغيره. ولا يستثنى من هذه إلا الملاهي والأوتار والمزامير التي ورد الشرع بالمنع منها
b. Juga menurut Imam Ghazali, alat-alat itu diharamkan sebab mengandung tiga illat yang ketiganya tidak lepas (taba’an / ittiba’an) dari khamr, yaitu: (1) mengajak kepada minum khamr, (2) mengingatkan orang yang baru berhenti minum akan situasi minum khamr, sehingga menyebabkan dia akan mudah kembali minum khamr, dan (3) menggunakan alat-alat itu berarti menyerupai ( tasyabbuh ) dengan para peminum khamr yang sering melakukannya.
وما عدا ذلك فليس في معناها كشاهين الرعاة والحجيج وشاهين الطبالين وكالطبل والقضيب، وكل آلة يستخرج منها صوت مستطاب موزون سوى ما يعتاده أهل الشرب لأن كل ذلك لا يتعلق بالخمر ولا يذكر بها ولا يشوق إليها ولا يوجب التشبه بأربابها فلم يكن في معناها. فبقي على أصل الإباحة قياساً على أصوات الطيور وغيرها
Pertanyaan :
a. Apakah perbedaan dari masing-masing istilah malahi, autar dan mizmar yang oleh Imam Ghozali disebut terdapat nash pelarangannya dari syar’i ? Dan apakah nash-nash dari masing-masing tersebut ?
Jawaban :
Malahi adalah semua alat musik untuk hiburan (yang diharamkan), termasuk di dalamnya Autar dan Mizmar.
Autar adalah segala macam alat musik yang berdawai.
Mizmar adalah semua alat musik tiup selain terompet pemandu haji, terompet perang dan seruling pengembala.
1. الزواجر جزء3ص263
وَفِي الْحَاوِي : الْمَلَاهِي إمَّا حَرَامٌ كَعُودٍ وَطُنْبُورٍ وَمِعْزَفَةٍ وَطَبْلٍ وَمِزْمَارٍ وَمَا أَلْهَى بِصَوْتٍ مُطْرِبٍ إذَا انْفَرَدَ ، أَوْ مَكْرُوهٌ وَهُوَ مَا يَزِيدُ الْغِنَاءَ طَرِبًا وَلَمْ يُطْرِبْ مُنْفَرِدًا كَالصَّنْجِ وَالْقَصَبِ فَيُكْرَهُ مَعَ الْغِنَاءِ لَا وَحْدَهُ ، أَوْ مُبَاحٌ وَهُوَ مَا خَرَجَ عَنْ آلَةِ الطَّرَبِ إلَى إنْذَارٍ كَالْبُوقِ وَطَبْلِ الْحَرْبِ أَوْ لِمِجْمَعَةٍ وَإِعْلَانٍ كَالدُّفِّ فِي النِّكَاحِ انْتَهَى ، وَمَا ذَكَرَهُ فِي الصَّنْجِ شَاذٌّ كَمَا مَرَّ وَمَحَلُّهُ إنْ فُسِّرَ بِغَيْرِ الصَّفَاقَتَيْنِ .
أَمَّا هُمَا فَلَا طَرَبَ فِيهِمَا كَمَا مَرَّ ، نَعَمْ الْمُخَنَّثُونَ يَتَعَاطَوْنَهُمَا فِي بَعْضِ الْبِلَادِ فَحِينَئِذٍ تَتَّجِهُ الْحُرْمَةُ لِمَا يَأْتِي فِي الْكُوبَةِ .
وَالطُّنْبُورُ بِضَمِّ أَوَّلِهِ غَيْرُ الْعُودِ كَمَا هُوَ مَشْهُورٌ عِنْدَ أَهْلِ الصِّنَاعَةِ ، وَقَالَ اللُّغَوِيُّونَ : هُوَ الْعُودُ ، قِيلَ وَكَأَنَّ كُلًّا مِنْ الْعُودِ وَالطُّنْبُورِ وَغَيْرِهِمَا اسْمُ جِنْسٍ تَحْتَهُ أَنْوَاعٌ ، وَقَدْ يَشْمَلُ اسْمُ الْعُودِ سَائِرَ الْأَوْتَارِ : وَعِبَارَةُ الْعُمْرَانِيِّ وَخَلَائِقَ مِنْ الْأَصْحَابِ الْأَصْوَاتُ الْمُكْتَسَبَةُ ثَلَاثَةُ أَضْرُبٍ : مُحَرَّمٌ وَهُوَ مَا يُطْرِبُ مِنْ غَيْرِ غِنَاءٍ كَعُودٍ وَطُنْبُورٍ وَطَبْلٍ وَمَزَامِيرَ وَمَعَازِفَ وَنَايَاتٍ وَأَكْبَارٍ وَرَبَابٍ وَمَا أَشْبَهَهُمَا انْتَهَى .
وَالْمَزَامِيرُ تَشْمَلُ الصُّرْنَايَ ؛ وَهِيَ قَصَبَةٌ ضَيِّقَةُ الرَّأْسِ مُتَّسَعَةُ الْآخِرِ يُزَمِّرُ بِهَا فِي الْمَوَاكِبِ وَالْحَرْبِ وَعَلَى النَّقَّارَاتِ ، وَيَشْمَلُ الْكِرْجَةَ وَهِيَ مِثْلُ الصُّرْنَايِ إلَّا أَنَّهُ يَجْعَلُ فِي أَسْفَلِ الْقَصَبَةِ قِطْعَةَ نُحَاسٍ مُعْوَجَّةً يُزَمِّرُ بِهَا فِي أَعْرَاسِ الْبَوَادِي وَغَيْرِهَا ، وَيَشْمَلُ النَّايَ وَهُوَ أَطْرَبُ مِنْ الْأَوَّلَيْنِ وَالْمَقْرُونَةُ وَهِيَ قَصَبَتَانِ مُلْتَقِيَتَانِ ، قِيلَ وَأَوَّلُ مَنْ اتَّخَذَ الْمَزَامِيرَ بَنُو إسْرَائِيلَ .
قَالَ الرَّافِعِيُّ : وَفِي ضَرْبِ الْقَضِيبِ عَلَى الْوَسَائِدِ وَجْهَانِ الَّذِي أَوْرَدَهُ الْعِرَاقِيُّونَ أَنَّهُ يُكْرَهُ ، وَأَشَارَ صَاحِبُ الْمُهَذَّبِ إلَى تَرْجِيحِ التَّحْرِيمِ انْتَهَى
2. احياء علوم الدين جزء 2 ص269
ولا يستثنى من هذه إلا الملاهي والأوتار والمزامير التي ورد الشرع بالمنع منها لا للذتها إذ لو كان للذة لقيس عليها كل ما يلتذ به الإنسان. ولكن حرمت الخمور واقتضت ضراوة الناس بها المبالغة في الفطام عنها حتى انتهى الأمر في الابتداء إلى كسر الدنان فحرم معها ما هو شعار أهل الشرب وهي الأوتار والمزامير فقط،
3. اسنى المطالب جزء4 ص
( وَأَمَّا الْغِنَاءُ عَلَى الْآلَةِ الْمُطْرِبَةِ كَالطُّنْبُورِ وَالْعُودِ وَسَائِرٍ الْمَعَازِفِ ) أَيْ الْمَلَاهِي ( وَالْأَوْتَارِ ) وَمَا يُضْرَبُ بِهِ ( وَالْمِزْمَارِ ) الْعِرَاقِيِّ وَهُوَ الَّذِي يُضْرَبُ بِهِ مَعَ الْأَوْتَارِ ( وَكَذَا الْيَرَاعُ ) وَهُوَ الشَّبَّابَةُ ( فَحَرَامٌ ) اسْتِعْمَالُهُ وَاسْتِمَاعُهُ وَكَمَا يَحْرُمُ ذَلِكَ يَحْرُمُ اسْتِعْمَالُ هَذِهِ الْآلَاتِ وَاِتِّخَاذُهَا لِأَنَّهَا مِنْ شِعَارِ الشَّرَبَةِ وَهِيَ مُطْرِبَةٌ وَصَحَّحَ الرَّافِعِيُّ حِلَّ الْيَرَاعِ لِأَنَّهُ يُنَشِّطُ عَلَى السَّيْرِ فِي السَّفَرِ وَعَطْفُ الْمَعَازِفِ عَلَى مَا قَبْلَهَا مِنْ عَطْفِ الْعَامِّ عَلَى الْخَاصِّ وَعَطْفُ مَا بَعْدَهَا عَلَيْهَا بِالْعَكْسِ
Nash tentang haramnya alat malahi adalah hadits Nabi SAW.
1. السنن الكبرى للبيهقي وفي ذيله الجوهر النقي - (ج 10 / ص 221)
أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ أَخْبَرَنِى أَبُو بَكْرِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ أَنْبَأَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا صَدَقَةُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا ابْنُ جَابِرٍ عَنْ عَطِيَّةَ بْنِ قَيْسٍ الْكِلاَبِىِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ غَنْمٍ الأَشْعَرِىِّ قَالَ حَدَّثَنِى أَبُو عَامِرٍ أَوْ أَبُو مَالِكٍ وَاللَّهِ مَا كَذَبَنِى أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ :« لَيَكُونَنَّ فِى أُمَّتِى أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ وَلَيَنْزِلَنَّ أَقْوَامٌ إِلَى جَنْبِ عَلَمٍ تَرُوحُ عَلَيْهِمْ سَارِحَةٌ لَهُمْ فَيَأْتِيهِمْ رَجُلٌ لِحَاجَتِهِ فَيَقُولُونَ ارْجِعْ إِلَيْنَا غَدًا فَيُبَيِّتُهُمُ اللَّهُ فَيَضَعُ الْعَلَمَ وَيَمْسَخُ آخَرِينَ قِرَدَةً وَخَنَازِيرَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ ». أَخْرَجَهُ الْبُخَارِىُّ فِى الصَّحِيحِ فَقَالَ وَقَالَ هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ
2. سنن أبى داود - (ج 3 / ص 382) نحرة 3698
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَلِىِّ بْنِ بَذِيمَةَ حَدَّثَنِى قَيْسُ بْنُ حَبْتَرٍ النَّهْشَلِىُّ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ وَفْدَ عَبْدِ الْقَيْسِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ فِيمَ نَشْرَبُ قَالَ « لاَ تَشْرَبُوا فِى الدُّبَّاءِ وَلاَ فِى الْمُزَفَّتِ وَلاَ فِى النَّقِيرِ وَانْتَبِذُوا فِى الأَسْقِيَةِ ». قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ فَإِنِ اشْتَدَّ فِى الأَسْقِيَةِ قَالَ « فَصُبُّوا عَلَيْهِ الْمَاءَ ». قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ. فَقَالَ لَهُمْ فِى الثَّالِثَةِ أَوِ الرَّابِعَةِ « أَهْرِيقُوهُ ». ثُمَّ قَالَ « إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ عَلَىَّ أَوْ حُرِّمَ الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْكُوبَةُ ». قَالَ « وَكُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ ». قَالَ سُفْيَانُ فَسَأَلْتُ عَلِىَّ بْنَ بَذِيمَةَ عَنِ الْكُوبَةِ قَالَ الطَّبْلُ.
3. الزواجر جزء2 ص337
قَالَ هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ : حَدَّثَنَا صَدَقَةُ بْنُ خَالِدٍ قَالَ : حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ يَزِيدَ وَسَاقَ سَنَدَهُ إلَى أَبِي عَامِرٍ وَأَبِي مَالِكٍ الْأَشْعَرِيِّ { أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لَيَكُونُ فِي أُمَّتِي قَوْمٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَ } - أَيْ بِكَسْرِ الْحَاءِ الْمُهْمَلَةِ وَفَتْحِ الرَّاءِ الْمُهْمَلَةِ مَعَ التَّخْفِيفِ : وَهُوَ الْفَرْجُ أَيْ الزِّنَا - { وَالْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ } وَهَذَا صَرِيحٌ ظَاهِرٌ فِي تَحْرِيمِ آلَاتِ اللَّهْوِ الْمُطْرِبَةِ ، وَقَدْ حَكَى الشَّيْخَانِ أَنَّهُ لَا خِلَافَ فِي تَحْرِيمِ الْمِزْمَارِ الْعِرَاقِيِّ وَمَا يُضْرَبُ بِهِ مِنْ الْأَوْتَارِ .
وَمِنْ عَجِيبِ تَسَاهُلِ ابْنِ حَزْمٍ وَاتِّبَاعِهِ لِهَوَاهُ أَنَّهُ بَلَغَ مِنْ التَّعَصُّبِ إلَى أَنْ حَكَمَ عَلَى هَذَا الْحَدِيثِ وَكُلِّ مَا وَرَدَ فِي الْبَابِ بِالْوَضْعِ وَهُوَ كَذِبٌ صُرَاحٌ مِنْهُ فَلَا يَحِلُّ لِأَحَدٍ التَّعْوِيلُ عَلَيْهِ فِي شَيْءٍ مِنْ ذَلِكَ .وَقَالَ الْإِمَامُ أَبُو الْعَبَّاسِ الْقُرْطُبِيُّ : أَمَّا الْمَزَامِيرُ وَالْأَوْتَارُ وَالْكُوبَةُ فَلَا يُخْتَلَفُ فِي تَحْرِيمِ اسْتِمَاعِهَا وَلَمْ أَسْمَعْ عَنْ أَحَدٍ مِمَّنْ يُعْتَبَرُ قَوْلُهُ مِنْ السَّلَفِ وَأَئِمَّةِ الْخَلَفِ مَنْ يُبِيحُ ذَلِكَ ، وَكَيْفَ لَا يَحْرُمُ وَهُوَ شِعَارُ أَهْلِ الْخُمُورِ وَالْفُسُوقِ وَمُهَيِّجُ الشَّهَوَاتِ وَالْفَسَادِ وَالْمُجُونِ ؟ وَمَا كَانَ كَذَلِكَ لَمْ يَشُكَّ فِي تَحْرِيمِهِ وَلَا تَفْسِيقَ فَاعِلِهِ وَتَأْثِيمَهُ انْتَهَى وَقَوْلُ بَعْضِ شُرَّاحِ الْمِنْهَاجِ : كَوْنُ الْمِزْمَارِ مِنْ شِعَارِ الشَّرَبَةِ قَدْ يُمْنَعُ وَالْغَالِ
b. Jika suatu waktu, ketiga illat berubah, khususnya pada illat ketiga (tasyabbuh), yaitu ketika malahi, autar dan mizmar selain dipakai oleh ahli maksiat juga digunakan oleh orang-orang sholeh, apakah hukum juga berubah ?
Jawaban :
Hukumnya tetap haram menurut qoul shohih, karena bagaimanapun alat malahi yang diharamkan melalui nash tersebut telah menjadi Syi’ar peminum khomr, sehingga jika dalam perkembangannya orang-orang sholih pun menggunakannya, tetap tidak akan mempengaruhi alasan menyerupai kebiasaan peminum khomr ( ‘illat tasyabbuh bi ahlis syurbi )
1. اتحاف السادة جزء6 ص475
والغزالي يقول والقياس تحليل العود و سائر الملاهي ولكن ورد يقتضي التحريم فورد في الكوبة و نحوها اخبار ااوردت فهي المعتمد في التحريم و في الاوتار والمزامير جعل العلة كونها شعارا للشاربين فالعلة وان وجدت لكنها تختلف لمعان والصحيح ان ذلك لا يقدح به وقال امام الحرمين في بعض الات القياس اباحتها قال فان صح الخبر قلنا به والا توقفنا
2. انوار البروق جزء2 ص43
( وَالْقِسْمُ الثَّالِثُ ) مَا اخْتَلَفَ فِيهِ الْعُلَمَاءُ هَلْ يُسَدُّ أَمْ لَا ، وَلَهُ أَمْثِلَةٌ مِنْهَا بُيُوعُ الْآجَالِ وَهِيَ كَمَا قِيلَ تَصِلُ إلَى أَلْفِ مَسْأَلَةٍ كَمَنْ بَاعَ سِلْعَةً بِعَشَرَةِ دَرَاهِمَ إلَى شَهْرٍ ثُمَّ اشْتَرَاهَا بِخَمْسَةٍ قَبْلَ الشَّهْرِ فَاخْتَصَّ مَالِكٌ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى بِالْقَوْلِ بِوُجُوبِ سَدِّهَا نَظَرًا إلَى أَنَّهُ تَوَسُّلٌ بِإِظْهَارِ صُورَةِ الْبَيْعِ لِسَلَفِ خَمْسَةٍ بِعَشَرَةٍ إلَى أَجَلٍ مَثَلًا ؛ لِأَنَّهُ أَخْرَجَ مِنْ يَدِهِ خَمْسَةً الْآنَ وَأَخَذَ عَشَرَةً آخِرَ الشَّهْرِ فِي الْمَسْأَلَةِ الْمَذْكُورَةِ .
وَقَالَ الشَّافِعِيُّ يُنْظَرُ إلَى صُورَةِ الْبَيْعِ وَيُحْمَلُ الْأَمْرُ عَلَى ظَاهِرِهِ فَيَجُوزُ ذَلِكَ وَمِنْهَا النَّظَرُ إلَى النِّسَاءِ قِيلَ يُحَرَّمُ ؛ لِأَنَّهُ يُؤَدِّي إلَى الزِّنَا وَقِيلَ لَا يُحَرَّمُ وَمِنْهَا حَكَمَ بِعِلْمِهِ قِيلَ يُحَرَّمُ ؛
لِأَنَّهُ وَسِيلَةٌ لِلْقَضَاءِ بِالْبَاطِلِ مِنْ الْقُضَاةِ السُّوءِ ، وَقِيلَ لَا يُحَرَّمُ وَمِنْهَا صُنَّاعُ السِّلَعِ قِيلَ يَضْمَنُونَهَا إذَا ادَّعَوْا ضَيَاعَهَا سَدًّا لِذَرِيعَةِ الْأَخْذِ ؛ لِأَنَّهُمْ يُؤَثِّرُونَ فِيهَا بِصَنْعَتِهِمْ فَتَتَغَيَّرُ فَلَا يَعْرِفُهَا رَبُّهَا إذَا بِيعَتْ وَقِيلَ لَا يَضْمَنُونَ ؛ لِأَنَّهُمْ أُجَرَاءُ وَأَصْلُ الْإِجَارَةِ عَلَى الْأَمَانَةِ ، وَمِنْهَا حَمَلَةُ الطَّعَامِ قِيلَ : يَضْمَنُونَهُ إذَا تَلِفَ لِئَلَّا تَمْتَدَّ أَيْدِيهِمْ إلَيْهِ ، وَقِيلَ : لَا يَضْمَنُونَهُ قُلْت وَمِنْهَا آلَاتُ الْمَلَاهِي فَإِنَّهَا مُجْمَعٌ عَلَى تَحْرِيمِهَا إنْ تَرَتَّبَ فُسُوقٌ وَمَشْهُورُ الْمَذَاهِبِ الْأَرْبَعَةِ التَّحْرِيمُ مُطْلَقًا كَمَا فِي مَجْمُوعِ الْأَمِيرِ وَالصَّاوِيِّ عَلَى أَقْرَبِ الْمَسَالِكِ بَلْ قَالَ الْعَلَّامَةُ ابْنُ حَجَرٍ فِي الزَّوَاجِرِ وَقَدْ حَكَى الشَّيْخَانِ أَنَّهُ لَا خِلَافَ فِي تَحْرِيمِ الْمِزْمَارِ الْعِرَاقِيِّ وَمَا يُضْرَبُ بِهِ مِنْ الْأَوْتَارِ ا هـ .
وَاخْتُلِفَ فِي كَوْنِهِ كَبِيرَةً أَوْ صَغِيرَةً وَالْأَصَحُّ الثَّانِي كَمَا فِي الدُّسُوقِيِّ عَلَى الدَّرْدِيرِ عَلَى خَلِيلٍ وَفِي الْإِحْيَاءِ الْمَنْعُ مِنْ الْأَوْتَارِ كُلِّهَا لِثَلَاثِ عِلَلٍ : كَوْنُهَا تَدْعُو إلَى شُرْبِ الْخَمْرِ فَإِنَّ اللَّذَّةَ الْحَاصِلَةَ تَدْعُو إلَيْهَا فَلِهَذَا حُرِّمَ شُرْبُ قَلِيلِهَا ، وَكَوْنُهَا فِي قَرِيبِ الْعَهْدِ بِشُرْبِهَا تُذَكِّرُهُ مَجَالِسَ الشُّرْبِ وَالذِّكْرُ سَبَبُ انْبِعَاثِ الْفُسُوقِ وَانْبِعَاثُهُ سَبَبُ الْإِقْدَامِ ، وَكَوْنُ الِاجْتِمَاعِ عَلَى الْأَوْتَارِ صَارَ مِنْ عَادَةِ أَهْلِ الْفِسْقِ مَعَ التَّشَبُّهِ بِهِمْ وَمَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ كَمَا فِي الزَّوَاجِرِ قَالَ أَيْ فَالتَّشَبُّهُ بِهِمْ حَرَامٌ وَفِي شَرْحِ الْمَجْمُوعِ وَلَا يَبْعُدُ مَا فِي الْإِحْيَاءِ وَغَيْرِهِ مِنْ النَّظَرِ لِمَا يَتَرَتَّبُ ا هـ .
قَالَ الشَّيْخُ حِجَازِيٌّ لِأَنَّ الْحُكْمَ يَدُورُ مَعَ الْعِلَّةِ فَمَنْ حَسُنَ قَصْدُهُ وَتَطَهَّرَ مِنْ حُظُوظِ الشَّهَوَاتِ وَرَذَائِلِ الشُّبُهَاتِ فَلَا يَصِحُّ أَنْ يُحْكَمَ عَلَى سَمَاعِهِ بِالْحُرْمَةِ ا هـ الْمُرَادُ .
c. Bagaimana hukum penggunaan alat musik elektronik ?
Jawaban :
Apabila penggunaan listrik hanya sebagai pengeras suara maka hukumnya sesuai dengan jenis alat music asalnya. Apabila penggunaan listrik itu sendiri sebagai sumber bunyinya maka hukumnya sama dengan mizmar.
1. الزواجر جزء3ص263
وَفِي الْحَاوِي : الْمَلَاهِي إمَّا حَرَامٌ كَعُودٍ وَطُنْبُورٍ وَمِعْزَفَةٍ وَطَبْلٍ وَمِزْمَارٍ وَمَا أَلْهَى بِصَوْتٍ مُطْرِبٍ إذَا انْفَرَدَ
2. اتحاف الخلان للسيد عبد الرحمن 48
وقد سئلت عن استماع ما يحكيه من صوت الطرب فقلت لا بأس به لأنه يشبه الطرب وليس بطرب والمثال لا يساوي اصله كما جزم به ابن حجر من عدم امتناع النظر لمثال المرأة اه
3. PEMINDAHAN KUBURAN
Deskripsi masalah :
Ada makam seorang Habib / Ulama’ yang berada di tanah hak milik keluarga dan ramai diziarahi oleh kaum muslimin di sekitarnya. Pemerintah daerah setempat dalam program pengembangan tata ruang kota menuntut agar kawasan makam itu dijadikan taman kota, maka upaya pemindahan makam pun diperlukan.
Dalam perundingan dengan pihak keluarga, disepakati bahwa metode pemindahan makam itu dengan mengeruk tanah kuburan dengan lebar 3 m, panjang 4 m, kedalaman 3 m dengan alat berat tanpa menyentuh tubuh mayat sama sekali, kemudian dipindah ke tempat baru yang dilengkapi dengan masjid dan beberapa fasilitas yang dibutuhkan oleh para peziarah, adapun biaya kesemuanya itu menjadi tanggungan pemerintah daerah setempat.
Pertanyaan :
a. Bagaimana hukum pemindahan mayat dengan cara / metode di atas ?
Jawaban :
Hukum pemindahan mayat dengan alasan seperti diatas terdapat perbedaan pendapat diantara ulama’ :
Menurut Hanafiyyah haram secara mutlak.
Menurut Syafi’iyyah haram, karena alasan diatas ( untuk taman ) tidak termasuk darurat.
Menurut Malikiyyah dan Hanabilah boleh, dengan syarat keberadaan taman benar-benar mewujudkan kemaslahatan umum ( lil maslahah ‘ammah). Sedangkan cara / metode pemindahan diatas diperbolehkan karena telah sesuai dengan syarat yang diajukan ulama’ Malikiyyah, yakni : tidak terjadi kerusakan pada tubuh mayit dan tidak menurunkan martabat mayit.
1. الفقه الاسلامي جزء 2 ص 670
- نقل الميت بعد الدفن: للفقهاء رأيان: رأي المالكية والحنابلة بالجواز لمصلحة، ورأي الشافعية بعدم الجواز إلا لضرورة، وعدم الجواز مطلقاً عند الحنفية، على التفصيل الآتي (2) :
قال المالكية: يجوز نقل الميت من مكان إلى آخر، أو من بلد إلى آخر، أو من حضر لبدو، بشرط ألا ينفجر حال نقله، وألا تنتهك حرمته، وأن يكون لمصلحة كأن يخاف عليه أن يأكله البحر أو السبع، أو ترجى بركة الموضع المنقول إليه، أو ليدفن بين أهله، أو لأجل قرب زيارة أهله.
وقال الحنابلة: يجوز نقل الميت لغرض صحيح كدفنه في بقعةخير من بقعته التي دفن فيها، ولمجاورة صالح لتعود عليه بركته، إلا الشهيد إذا دفن بمصرعه، فلا ينقل عنه لغيره، حتى لو نقل منه رد إليه ندباً؛ لأن دفنه في مصرعه (مكان قتله) سنة، فقد أمر النبي صلّى الله عليه وسلم بقتلى أحد أن يردوا إلى مصارعهم، وكانوا نقلوا إلى المدينة (1) .
وقال الشافعية: نبش الميت بعد دفنه للنقل وغيره حرام إلا لضرورة بأن دفن بلا غسل ولا تيمم. أو في أرض أو ثوب مغصوبين، ووقع فيه مال، أو دفن لغير القبلة، لا للتكفين في الأصح؛ لأن غرض التكفين الستر، وقد حصل بالتراب، مع ما في النبش من هتك حرمته، كما أبنت.
وقال الحنفية: لا يجوز النقل بعد الدفن مطلقاً، وأما نقل يعقوب ويوسف عليهما السلام من مصر إلى الشام ليكونا مع آبائهما الكرام، فهو شرع من قبلنا، ولم يتوافر فيه شروط كونه شرعاً لنا، وعليه: لا يجوز كسر عظامه ولا تحويلها ولو كان الميت ذمياً، ولا ينبش وإن طال الزمان.
وفي الجملة: تلتقي هذه الأقوال في ضرورة احترام الميت، وتحرص على إبقائه في مكانه، فهو الأصل، ويجوز النقل عند الجمهور لضرورة أو مصلحة أو غرض صحيح، ولا يجوز عند الحنفية مطلقاً.
2. نظرية الضرورة الشرعية للدكتور وهبة الزحيلي ص 232
يجوز لولي الامر العادل ان يفرض للضرورة قيودا على الملكية الخاصة فيحددها بمقدار معين او ينتزعها من اصحابها مع دفع تعويض عادل اذا كان ذلك في سبيل المصلحة العامة كتوسعة طريق او مجرى نهر كما تم هذا فعلا في عهد سيدنا عمر وسيدنا عثمان ومن تلاهما من نزع ملكية بعض الدور المحيطة بالحرم المكي لتوسعته جبرا عن اصحابها مع دفع ثمنها بالعدل والقسط ومن المقرر عند الفقهاء ان المصلحة العامة تقدم على المصلحة الخاصة وان لولي الامر ان ينهي اباحة الملكية بحظريصدر منه لمصلحة تقتضيه فيصح ما تجاوزه امرا محظورا لان طاعة اولي الامر واجبة
b. Bagaimana hukum pengambilan dana Pemda untuk kepentingan di atas ?
Jawaban :
Boleh, bila memenuhi beberapa ketentuan sebagai berikut :
- Keuangan Pemda mencukupi.
- Tidak menelantarkan kebutuhan yang lebih mendesak.
- Menimbulkan maslahat yang lebih besar.
1. ألاحكام السلطانية ص 185
وَأَمَّا الْمُسْتَحَقُّ عَلَى بَيْتِ الْمَالِ فَضَرْبَانِ : أَحَدُهُمَا : مَا كَانَ بَيْتُ الْمَالِ فِيهِ حِرْزًا فَاسْتِحْقَاقُهُ مُعْتَبَرٌ بِالْوُجُودِ ، فَإِنْ كَانَ الْمَالُ مَوْجُودًا فِيهِ كَانَ صَرْفُهُ فِي جِهَاتِهِ مُسْتَحَقًّا وَعَدَمُهُ مُسْقِطَ لِاسْتِحْقَاقِهِ .
وَالضَّرْبُ الثَّانِي : أَنْ يَكُونَ بَيْتُ الْمَالِ لَهُ مُسْتَحِقًّا كَهُوَ عَلَى ضَرْبَيْنِ : أَحَدُهُمَا أَنْ يَكُونَ مَصْرِفُهُ مُسْتَحِقًّا عَلَى وَجْهِ الْبَدَلِ كَأَرْزَاقِ الْجُنْدِ وَأَثْمَانِ الْكُرَاعِ وَالسِّلَاحِ فَاسْتِحْقَاقُهُ غَيْرُ مُعْتَبَرٍ بِالْوُجُودِ ، وَهُوَ مِنْ الْحُقُوقِ اللَّازِمَةِ مَعَ الْوُجُودِ وَالْعَدَمِ ، فَإِنْ كَانَ مَوْجُودًا عُجِّلَ دَفْعُهُ كَالدُّيُونِ
مَعَ الْيَسَارِ ؛ وَإِنْ كَانَ مَعْدُومًا وَجَبَ فِيهِ عَلَى الْإِنْظَارِ كَالدُّيُونِ مَعَ الْإِعْسَارِ .
وَالضَّرْبُ الثَّانِي : أَنْ يَكُونَ مَصْرِفُهُ مُسْتَحِقًّا عَلَى وَجْهِ الْمَصْلَحَةِ وَالْأَرْفَاقِ دُونَ الْبَدَلِ فَاسْتِحْقَاقُهُ مُعْتَبَرٌ بِالْوُجُودِ دُونَ الْعَدَمِ ، فَإِنْ كَانَ مَوْجُودًا فِي بَيْتِ الْمَالِ وَجَبَ فِيهِ وَسَقَطَ غَرَضُهُ عَنْ الْمُسْلِمِينَ ، وَإِنْ كَانَ مَعْلُومًا سَقَطَ وُجُوبُهُ عَنْ بَيْتِ الْمَالِ وَكَانَ إنْ عَمَّ ضَرَرُهُ مِنْ فُرُوضِ الْكِفَايَةِ عَلَى كَافَّةِ الْمُسْلِمِينَ حَتَّى يَقُومَ بِهِ مِنْهُمْ مَنْ فِيهِ كِفَايَةٌ كَالْجِهَادِ ، وَإِنْ كَانَ مِمَّا لَا يَعُمُّ ضَرَرُهُ كَوُعُورَةِ طَرِيقٍ قَرِيبٍ يَجِدُ النَّاسُ طَرِيقًا غَيْرَهُ بَعِيدًا أَوْ انْقِطَاعِ شُرْبٍ يَجِدُ النَّاسُ غَيْرَهُ شُرْبًا ، فَإِذَا سَقَطَ وُجُوبُهُ عَنْ بَيْتِ الْمَالِ بِالْعَدَمِ سَقَطَ وُجُوبُهُ عَنْ الْكِفَايَةِ لِوُجُودِ الْبَدَلِ ، فَلَوْ اجْتَمَعَ عَلَى بَيْتِ الْمَالِ حَقَّانِ ضَاقَ عَنْهُمَا وَاتَّسَعَ لِأَحَدِهِمَا صُرِفَ فِيمَا يَصِيرُ مِنْهُمَا دَيْنًا فِيهِ ، فَلَوْ ضَاقَ عَنْ كُلِّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا جَازَ لِوَلِيِّ الْأَمْرِ إذَا خَافَ الْفَسَادَ أَنْ يَقْتَرِضَ عَلَى بَيْتِ الْمَالِ مَا يَصْرِفُهُ فِي الدُّيُونِ دُونَ الِارْتِفَاقِ وَكَانَ مَنْ حَدَثَ بَعْدَهُ مِنْ الْوُلَاةِ مَأْخُوذًا بِقَضَائِهِ إذَا اتَّسَعَ لَهُ بَيْتُ الْمَالِ .
وَإِذَا فَضُلَتْ حُقُوقُ بَيْتِ الْمَالِ عَنْ مَصْرِفِهَا ، فَقَدْ اخْتَلَفَ الْفُقَهَاءُ فِي فَاضِلِهِ ، فَذَهَبَ أَبُو حَنِيفَةَ إلَى أَنَّهُ يُدَّخَرُ فِي بَيْتِ الْمَالِ لِمَا يَنُوبُ الْمُسْلِمِينَ مِنْ حَادِثٍ .
وَذَهَبَ الشَّافِعِيُّ إلَى أَنَّهُ يُقْبَضُ عَلَى أَمْوَالِ مَنْ يَعُمُّ بِهِ صَلَاحُ الْمُسْلِمِينَ وَلَا يُدَّخَرُ ؛ لِأَنَّ النَّوَائِبَ تَعَيَّنَ فَرْضُهَا عَلَيْهِمْ إذَا حَدَثَتْ فَهَذِهِ الْأَقْسَامُ الْأَرْبَعَةُ الَّتِي وُضِعَتْ عَلَيْهَا قَوَاعِدُ الدِّيوَانِ .
2. الامامة العظمى عند اهل السنة والجماعة ص 357
الواجب على الامام عند صرف الاموال ان يبتدئ في القسمة بالاهم فالاهم من مصالح المسلمين كعطاء من يحصل للمسلمين منهم منفعة عامة
3. الفقه الاسلامي ج 5 ص518
وكذلك يحق للدولة التدخل في الملكيات الخاصة المشروعة لتحقيق العدل والمصلحة العامة، سواء في أصل حق الملكية، أو في منع المباح وتملك المباحات قبل الإسلام وبعده إذا أدى استعماله إلى ضرر عام، كما يتضح من مساوئ الملكية الإقطاعية، ومن هنا يحق لولي الأمر العادل أن يفرض قيوداً على الملكية في بداية إنشائها في حال إحياء الموات، فيحددها بمقدار معين، أو ينتزعها من أصحابها مع دفع تعويض عادل عنها (3) إذا كان ذلك في سبيل المصلحة العامة للمسلمين (4) .
ومن المقرر عند الفقهاء أن لولي الأمر أن ينهي إباحة الملكية بحظر يصدر منه لمصلحة تقتضيه، فيصبح ما تجاوزه أمراً محظوراً، فإن طاعة ولي الأمر واجبة بقوله تعالى: {يا أيها الذين آمنوا أطيعوا الله وأطيعوا الرسول وأولي الأمر منكم} [النساء:59/4] وأولو الأمر في السياسة والحكم: الأمراء والولاة كما روى ابن عباس وأبو هريرة، وقال الطبري: إنه أولى الأقوال بالصواب.
ومن أمثلة تدخل ولي الأمر في الملكية: ما روي محمد الباقر عن أبيه علي زين العابدين أنه قال: «كان لسمرة بن جندب نخل في حائط (أي بستان) رجل من الأنصار، وكان يدخل هو وأهله فيؤذيه، فشكا الأنصاري ذلك إلى رسول الله صلّى الله عليه وسلم، فقال رسول الله لصاحب النخل: بعه، فأبى، فقال الرسول: فاقطعه، فأبى، فقال: فهبه ولك مثله في الجنة، فأبى، فالتفت الرسول إليه وقال: أنت مضار، ثم التفت إلى الأنصاري، وقال: اذهب فاقلع نخله
4. NIKAH SYAR'I SESUDAH GUGAT CERAI
Deskripsi Masalah :
Ada seorang istri yang ditinggal pergi suaminya selama dua tahun berturut-turut tanpa dinafkahi dan tak ada kabar pasti tentang keberadaannya, sikap suami tersebut telah memenuhi kandungan shighat ta’liq talaq yang diucapkannya setelah ijab qobul. Si istri kemudian mengajukan gugat cerai ( rafa’ ) ke Pengadilan Agama (PA) setempat dan dikabulkan oleh Hakim Agama dan dinyatakan telah jatuh talaq khulu’.
Dalam UU Perkawinan, keputusan Hakim tersebut belum bersifat hukum tetap (inkraach). Keputusan Hakim dianggap hokum tetap apabila suami telah mengajukan banding dan ditolak oleh PA atau mengajukan Peninjauan Kembali (PK) dan ditolak oleh Mahkamah Agung (MA), sehingga sejak keputusan pertama itu belum bisa dihitung iddah menurut Undang-Undang, padahal dalam ta’liq talaq kalimat yang berbunyi : “ maka jatuhlah talaq saya satu kepadanya “ sudah sangat jelas, sehingga terkesan diantara pasal-pasal dari UU itu terdapat kontradiksi.
Dalam masa menunggu hokum tetap itu, wanita tersebut menikah dengan seorang lelaki secara syar’I (tanpa dicatatkan di KUA ) meskipun surat keputusan dari PA belum terbit.
Pertanyaan :
a. Apakah shighat ta’liq talaq yang dibaca setelah akad nikah itu mempunyai implikasi hokum menurut fiqh ?
Jawaban :
Ya, mempunyai implikasi hokum, ta’liq talak sah dan jatuh talak satu jika syarat wujud.
1. توشيخ محمد نووي ص 338
يجوز تعليق كتعليق بالشروط ولا يجوز الرجوع فيه قبل وجود الصفة ولا يقع قبل وجود الشرط
2. اعانة الطالبين جزء 4 ص 31
(قوله: لا ينعقد اليمين إلا الخ) إنعقادها بهذين النوعين من حيث الحنث المرتب عليه الكفارة، أما من حيث وقوع المحلوف عليه فلا ينحصر فيهما بل يحصل بغيرهما أيضا، كالحلف بالعتق والطلاق المعلقين على شئ كقوله: إن دخلت الدار فأنت طالق، أو فعبدي حر.
3. إعانة الطالبين الجزء الرابع ص : 16-23
(فرع) لو كتب صريح طلاق أو كنايته ولم ينو إيقاع الطلاق فلغو ما لم يتلفظ حال الكتابة أو بعدها بصريح ما كتبه نعم يقبل قوله أردت قراءة المكتوب لا الطلاق لاحتماله-إلى أن قال-ولا يقع قبل وجود الشرط ولو علقه بفعله شيئا ففعله ناسيا للتعليق أو جاهلا بأنه المعلق عليه لم تطلق ولو علق الطلاق على ضرب زوجته بغير ذنب فشتمته فضربها لم يحنث إن ثبت ذلك وإلا صدقت فتحلف
(قوله ما لم يتلفظ الخ) قيد في كون المكتوب لغوا وخرج به ما لو تلفظ به مع عدم النية فإنه يقع وقوله بصريح ما كتبه أي بما كتبه الصريح في الطلاق فالإضافة من إضافة الصفة إلى الموصوف وأفاد به أنه إذا تلفظ بالمكتوب الكنائي ولم ينو إيقاع الطلاق لا يقع وهو كذلك إذ الكناية محتاجة إلى النية مطلقا سواء كتبت أو لم تكتب فتحصل أن التلفظ بالمكتوب نية يقع به الطلاق إذا كان صريحا فإن كان كناية فلا بد مع التلفظ به من النية (قوله نعم يقبل الخ) تقييد لوقوع الطلاق بالتلفظ بالمكتوب نية أي أن محل الوقوع بما ذكر ثم عدم النية إذا لم يقل أردت قراءة المكتوب لا إنشاء الطلاق وإلا صدق بيمينه لإحتمال ما قاله أما إذا نوى ثم الكتابة إيقاع الطلاق ثم تلفظ به وقال أردت قراءة المكتوب فلا يفيد قوله المذكور شيئا إذ العبرة بالنية فيقع عليه الطلاق واعلم أن الخلاف السابق في اقتران النية بأول الكتابة أو بأي جزء يجري في الكتابة أيضا
4. الأشباه والنظائر ص: 46
مقاصد اللفظ على نية اللافظ إلا في موضع واحد وهو اليمين عند القاضي فإنها على نية القاضي دون الحالف إن كان موافقا له في الاعتقاد فإن خالفه حنفي استحلف شافعيا في شفعة الجوار ففيمن تعتبر نيته ؟ وجهان : أصحهما : القاضي أيضا اهـ
b. Sejak kapankah penghitungan iddah wanita tersebut menurut fiqh ?
Jawaban :
Iddah dihitung sejak Pengadilan Agama mengabulkan gugatan cerai istri dan dinyatakan jatuh talak.
c. Bagaimana hokum nikah wanita tersebut ?
Jawaban :
Sah
d. Bagaimana sikap NU menanggapi UU yang terkesan kontradiktif tersebut ?
Jawaban :
Terserah penguruse
(Pertanyaan dari : PCNU Kab.Kendal )
Deskripsi Masalah :
Ada seorang istri yang ditinggal pergi suaminya selama dua tahun berturut-turut tanpa dinafkahi dan tak ada kabar pasti tentang keberadaannya, sikap suami tersebut telah memenuhi kandungan shighat ta’liq talaq yang diucapkannya setelah ijab qobul. Si istri kemudian mengajukan gugat cerai ( rafa’ ) ke Pengadilan Agama (PA) setempat dan dikabulkan oleh Hakim Agama dan dinyatakan telah jatuh talaq khulu’.
Dalam UU Perkawinan, keputusan Hakim tersebut belum bersifat hukum tetap (inkraach). Keputusan Hakim dianggap hokum tetap apabila suami telah mengajukan banding dan ditolak oleh PA atau mengajukan Peninjauan Kembali (PK) dan ditolak oleh Mahkamah Agung (MA), sehingga sejak keputusan pertama itu belum bisa dihitung iddah menurut Undang-Undang, padahal dalam ta’liq talaq kalimat yang berbunyi : “ maka jatuhlah talaq saya satu kepadanya “ sudah sangat jelas, sehingga terkesan diantara pasal-pasal dari UU itu terdapat kontradiksi.
Dalam masa menunggu hokum tetap itu, wanita tersebut menikah dengan seorang lelaki secara syar’I (tanpa dicatatkan di KUA ) meskipun surat keputusan dari PA belum terbit.
Pertanyaan :
a. Apakah shighat ta’liq talaq yang dibaca setelah akad nikah itu mempunyai implikasi hokum menurut fiqh ?
Jawaban :
Ya, mempunyai implikasi hokum, ta’liq talak sah dan jatuh talak satu jika syarat wujud.
1. توشيخ محمد نووي ص 338
يجوز تعليق كتعليق بالشروط ولا يجوز الرجوع فيه قبل وجود الصفة ولا يقع قبل وجود الشرط
2. اعانة الطالبين جزء 4 ص 31
(قوله: لا ينعقد اليمين إلا الخ) إنعقادها بهذين النوعين من حيث الحنث المرتب عليه الكفارة، أما من حيث وقوع المحلوف عليه فلا ينحصر فيهما بل يحصل بغيرهما أيضا، كالحلف بالعتق والطلاق المعلقين على شئ كقوله: إن دخلت الدار فأنت طالق، أو فعبدي حر.
3. إعانة الطالبين الجزء الرابع ص : 16-23
(فرع) لو كتب صريح طلاق أو كنايته ولم ينو إيقاع الطلاق فلغو ما لم يتلفظ حال الكتابة أو بعدها بصريح ما كتبه نعم يقبل قوله أردت قراءة المكتوب لا الطلاق لاحتماله-إلى أن قال-ولا يقع قبل وجود الشرط ولو علقه بفعله شيئا ففعله ناسيا للتعليق أو جاهلا بأنه المعلق عليه لم تطلق ولو علق الطلاق على ضرب زوجته بغير ذنب فشتمته فضربها لم يحنث إن ثبت ذلك وإلا صدقت فتحلف
(قوله ما لم يتلفظ الخ) قيد في كون المكتوب لغوا وخرج به ما لو تلفظ به مع عدم النية فإنه يقع وقوله بصريح ما كتبه أي بما كتبه الصريح في الطلاق فالإضافة من إضافة الصفة إلى الموصوف وأفاد به أنه إذا تلفظ بالمكتوب الكنائي ولم ينو إيقاع الطلاق لا يقع وهو كذلك إذ الكناية محتاجة إلى النية مطلقا سواء كتبت أو لم تكتب فتحصل أن التلفظ بالمكتوب نية يقع به الطلاق إذا كان صريحا فإن كان كناية فلا بد مع التلفظ به من النية (قوله نعم يقبل الخ) تقييد لوقوع الطلاق بالتلفظ بالمكتوب نية أي أن محل الوقوع بما ذكر ثم عدم النية إذا لم يقل أردت قراءة المكتوب لا إنشاء الطلاق وإلا صدق بيمينه لإحتمال ما قاله أما إذا نوى ثم الكتابة إيقاع الطلاق ثم تلفظ به وقال أردت قراءة المكتوب فلا يفيد قوله المذكور شيئا إذ العبرة بالنية فيقع عليه الطلاق واعلم أن الخلاف السابق في اقتران النية بأول الكتابة أو بأي جزء يجري في الكتابة أيضا
4. الأشباه والنظائر ص: 46
مقاصد اللفظ على نية اللافظ إلا في موضع واحد وهو اليمين عند القاضي فإنها على نية القاضي دون الحالف إن كان موافقا له في الاعتقاد فإن خالفه حنفي استحلف شافعيا في شفعة الجوار ففيمن تعتبر نيته ؟ وجهان : أصحهما : القاضي أيضا اهـ
b. Sejak kapankah penghitungan iddah wanita tersebut menurut fiqh ?
Jawaban :
Iddah dihitung sejak Pengadilan Agama mengabulkan gugatan cerai istri dan dinyatakan jatuh talak.
c. Bagaimana hokum nikah wanita tersebut ?
Jawaban :
Sah
d. Bagaimana sikap NU menanggapi UU yang terkesan kontradiktif tersebut ?
Jawaban :
Terserah penguruse
(Pertanyaan dari : PCNU Kab.Kendal )