Selasa, 26 Juli 2016

SAHUR WAKTU IMSAK

SAHUR WAKTU IMSAK

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum wr.wb

Bagaimana hukum dari pada waktu imsak itu sendiri, apakah setelah datangnya waktu tersebut orang -orang yang sudah makan sahur atau yang tidak, tidak lagi diperbolehkan untuk makan dan minum?  sedangkan waktu puasa di mulai dari terbitnya fajar, mohon jawabannya,

terimakasih wal’af waminkum wassalam.

Jawaban :

Wa'alaikum Salam Wr. Wb.

Waktu imsak adalah waktu beberapa menit sebelum masuknya fajar (subuh). Imsak bukanlah waktu fajar, akan tetapi waktu untuk kehati-hatian bagi orang yang berpuasa agar sahurnya tidak terjadi setelah masuknya waktu fajar karena sulit  menentukan masuknya waktu fajar secara persis. Oleh karena itu, diharuskan untuk puasa wajib tabyiitun niat (menginapkan niat puasa).  Menurut jadwal waktu shalat yang dibuat oleh NU jadwal masuk waktu shalat setelah 4 menit masuk waktu, artinya adzan subuh dilaksanakan setelah fajar 4 menit.

ANJURAN :Bagi orang yang bersahur, hendaknya berhenti makan atau minum pada waktu imsak agar menjaga kesahan puasanya.

حواشي الشرواني – (ج 1 / ص 195)

قوله: (مقترنا بفعله) أي فعل ذلك الشئ فيجب اقترانها بفعل الشئ المنوي إلا في الصوم فلا يجب فيه الاقتران بل لو فرض وأوقع النية فيه مقارنة للفجر لم يصح لوجوب التبييت في الفرض فهو مستثنى من وجوب الاقتران أو أن الشارع أقام فيه العزم مقام النية لعسر مراقبة الفجر وهو الصحيح شيخنا عبارة سم قوله مقترنا بفعله اعتبار الاقتران في مفهوم النية يشكل بتحققها بدونه في الصوم ولا معنى للاستثناء في أجزاء المفهوم اه

حاشيتا قليوبي – وعميرة – (ج 5 / ص 265)

قَوْلُهُ : ( التَّبْيِيتُ ) أَيْ كُلَّ لَيْلَةٍ عِنْدَنَا كَالْحَنَابِلَةِ وَالْحَنَفِيَّةِ وَإِنْ اكْتَفَى الْحَنَفِيَّةُ بِالنِّيَّةِ نَهَارًا لِأَنَّ كُلَّ يَوْمٍ عِبَادَةٌ مُسْتَقِلَّةٌ وَلِذَلِكَ تَعَدَّدَتْ الْكَفَّارَةُ بِالْوَطْءِ فِي كُلِّ يَوْمٍ مِنْهُ ، وَيُنْدَبُ أَنْ يَنْوِيَ أَوَّلَ لَيْلَةٍ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ أَوْ صَوْمَ رَمَضَانَ كُلَّهُ لِيَنْفَعَهُ تَقْلِيدُ الْإِمَامِ مَالِكٍ فِي يَوْمٍ نَسِيَ النِّيَّةَ فِيهِ مَثَلًا لِأَنَّهَا عِنْدَهُ تَكْفِي لِجَمِيعِ الشَّهْرِ ، وَعِنْدَنَا لِلَّيْلَةِ الْأُولَى فَقَطْ .قَوْلُهُ : ( لَيْلًا ) أَيْ فِيمَا بَيْنَ ” غُرُوبِ الشَّمْسِ إلَى طُلُوعِ الْفَجْرِ فَلَوْ قَارَنَهُ الْفَجْرُ لَمْ يَصِحَّ .وَكَذَا لَوْ شَكَّ حَالَ النِّيَّةِ هَلْ طَلَعَ الْفَجْرُ أَمْ لَا لَمْ يَصِحَّ بِخِلَافِ مَا لَوْ شَكَّ بَعْدَهَا هَلْ طَلَعَ الْفَجْرُ أَوْ لَا فَتَصِحُّ ، وَلَوْ شَكَّ هَلْ كَانَتْ قَبْلَ الْفَجْرِ أَوْ لَا أَوْ شَكَّ نَهَارًا هَلْ نَوَى لَيْلًا أَوْ لَا فَإِنْ تَذَكَّرَ فِيهِمَا وَلَوْ بَعْدَ زَمَنٍ طَوِيلٍ أَنَّهَا وَقَعَتْ لَيْلًا أَجْزَأَ . وَإِلَّا فَلَا .وَلَوْ شَكَّ بَعْدَ الْغُرُوبِ فِي نِيَّةِ الْيَوْمِ قَبْلَهُ لَمْ يُؤَثِّرْ ، وَلَوْ لَمْ تَقَعْ النِّيَّةُ  لَيْلًا وَنَوَى نَهَارًا لَمْ يَقَعْ عَنْ رَمَضَانَ ، وَلَا عَنْ غَيْرِهِ وَلَا نَفْلًا لِأَنَّ رَمَضَانَ لَا يُقْبَلُ غَيْرُهُ . قَوْلُهُ : ( لَمَّا تَعَذَّرَ اقْتِرَانُهَا ) لَعَلَّ الْمُرَادَ لَمَّا تَعَذَّرَ صِحَّةُ الصَّوْمِ مَعَ اقْتِرَانِهَا لِأَنَّهُ جُزْءٌ مِنْ النَّهَارِ ، وَلَوْ كَانَ مُرَادُهُ مَشَقَّةَ الِاقْتِرَانِ لَقَالَ لِعُسْرِ مُرَاقَبَةِ الْفَجْرِ كَمَا قَالَهُ غَيْرُهُ


BAGAIMANA  KALAU MAKAN ATAU MINUM SEBELUM TENGAH MALAM.?. APAKAH SUDAH DI ANGGAP SAHUR. ?..


Tidak di katakan sahur kalau sebelum tengah malam
Makan sahur itu di sunahkan jika sudah tengah malam keatas sampai fajar, baru berahir waktu sahur, Jika seseorang makan atau minum sebelum tengah malam tidaklah dikatakan makan sahur.

وفي المحلى - نقلا عن شرح المهذب - وقت السحور: بين نصف الليل وطلوع الفجر، وأنه يحصل بكثير المأكول وقليله.اه.(والحاصل) أن السحور يدخل وقته بنصف الليل، فالأكل قبله ليس بسحور، فلا يحصل به السنة، والأفضل تأخيره إلى قرب الفجر
بقدر ما يسع قراءة خمسين آية.

Artinya:”Dalam kitab Mahali yang di nukil dari Syarah Muhadzb, Waktu sahur  itu di antara separoh malam sampai terbit fajar, maka berhasilah kesunahan sahur dengan banyak atau sedikitnya makan. Kesimpulan, sesungguhnya masuknya waktu sahur itu tengah malam, maka makan atau minum sebelum tengah malam

bukanlah di namakan sahur, dan tidak mendapat kesunahan sahur. Dan yang afdhol mengahirkan sahur hingga mendekati fajar”.  (I’anatuttolibin juz: 2, hal: 277).

dan sunah Mengahirkan sahur

عَنْ أَبِي ذَرٍّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَكَانَ يَقُولُ لَا تَزَالُ أُمَّتِي بِخَيْرٍ مَا أَخَّرُوا السَّحُورَ وَعَجَّلُوا الْفِطْرَ

Dari Abu Dzar ra. Nabi Saw. bersabda: "Umatku akan selalu dalam kebaikan selama mengakhirkan
sahur dan mempercepat berbuka." (Hr. Ahmad No: 20530).

Hadist nabi Saw.

اِسْتَعِنُوْا بِالطَّعَام السَّحُّر عَلَى الصِّيَامِ النَّهَارِ وَبِقَيْلُوْلَةِ النَّهَارِ عَلَى قِيَامِ اليْلِ (رواه الحاكم وصححه)

Artinya:Jadikanlah makan sahur itu penolong puasamu di siang hari, dan tidur sebentar di siang hari (qoilulah)  untuk ibadah malam hari”. (Hr. Imam hakim, dan ia menshohihkanya. Dalam I’anatuttholibin juz: 2 hal: 276).

MAKAN SAHUR SEBELUM JAM 12 MALAM

Assalamualaikum........
Mnjlang blan romadhan, mau nanya, gmn hukum dan klurangannya klo mkn sahur sebelum jam dua belas malem


Tidak mendapat kesunnahan Jika sahur sebelum jam 12 malam, sebab kesunnahan sahur didapat jika sudah lewat tengah malam karena dengan lewat tengah malam maka masuklah waktu sahur



Referensi
حاشية الباجورى الجزء 1 صحـ : 293 مكتبة دار الكتب العلمية
وَقَوْلُهُ وَتَأْخِيْرُ السَّحُوْرِ ) – الى أن قال – وَيَدْخُلُ وَقْتُهُ بِنِصْفِ اللَّيْلِ فَاْلأَكْلُ قَبْلَهُ لَيْسَ بِسَحُوْرٍ فَلاَ يَحْصُلُ بِهِ السُنَّةُ اهـ


TAMBAHAN

Bagi orang yang berpuasa sunnah makan sahur " karna rasul bersabda " Sahurlah kalian karena sahur itu membawa berkah " krna sahur itu adalah kekuatan bagi orang yang berpuasa .dan bagi orang berpuasa pula sunnah ta'jil (menyegerakan berbuka puasa) karna hadist dari siti a'isyah rasul bersabda : Islam akan senantiasa jaya, selama kaum muslimin berusaha menyegerahakn berbuka. karena Yahudi dan Nasrani selalu mengakhirkan berbuka.

Sedangkan Waktunya sahur antara separuh malam (jam 12 malam ) hingga terbitnya fajar .
Bagi orang yang berpuasa juga boleh tidak sahur dan tidak dosa jika meninggalkan makan sahur (Ken lapar tabu'en)



Referensi
المجموع شرح المهذب  الجزء السادس
قال المصنف رحمه الله تعالى ( ويستحب أن يتسحر للصوم ، لما روى أنس رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : تسحروا فإن في السحور بركة " ولأن فيه معونة على الصوم ، ويستحب تأخير السحور ; لما روي أنه قيل لعائشة : { إن عبد الله يعجل الفطر ويؤخر السحور ، فقالت : هكذا كان النبي صلى الله عليه وسلم يفعل } ولأن السحور يراد للتقوي على الصوم ، والتأخير أبلغ في ذلك فكان أولى ، والمستحب أن يعجل الفطر إذا تحقق غروب الشمس لحديث عائشة رضي الله عنها ، لما روى أبو هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :  لا يزال هذا الدين ظاهرا ما عجل الناس الفطر ، إن اليهود والنصارى يؤخرون

فرع ) وقت السحور بين نصف الليل وطلوع الفجر
 فرع ) يحصل السحور بكثير المأكول وقليله ، ويحصل بالماء أيضا ، وفيه حديث سنذكره
فرع ) قال ابن المنذر في الأشراف : أجمعت الأمة على أن السحور مندوب إليه مستحب لا إثم على من تركه . فرع في الأحاديث الواردة في السحور وتأخيره وتعجيل الفطر عن أنس قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :  تسحروا فإن في السحور بركة