Jumat, 29 Juli 2016

WANITA HAID DI SIANG HARI RAMADHAN

1.  WANITA HAID DI SIANG HARI RAMADHAN.

 saya mau nanya. . Ketika seorang cewek sedang kedatangan tamu bulanan pada bulan ramadhan, apakah dia boleh makan/melakukan prkara yang membtalkan puasa pada siang hari?
Dan apakah dia berdosa ketika makan disiang hari ?
Dan apakah dia juga tetap mendapatkan kesunnahan untuk sahur ? Atas jawabannya dan refrensinya saya ucapkan trima kasih. Wassalaamu'alaikum.

JAWABAN:

Wa’alaikum salam wa rahmatullah wa barakatuh.

Wanita yang sedang haidl dan nifas adalah haram menahan diri dari makan dan minum, yakni dengan niat berpuasa. Maka tidak wajib atas keduanya mendapatkan sesuatu yang membatalkan puasa (makan, minum)”.

 ketika perempuan suci (dari haidl dan nifas) pada pertengahan siang hari (bulan Ramadhan), maka disunahkan baginya untuk menahan (dari semisal makan )pada sisa waktu yang ada,  perempuan haid haram berpuasa tidak disunahkan makan sahur.

Referensi :

وَيَحْرُمُ كَمَا فِي الْأَنْوَارِ عَلَى حَائِضٍ وَنُفَسَاءَ الْإِمْسَاكُ أَيْ : بِنِيَّةِ الصَّوْمِ فَلَا يَجِبُ عَلَيْهِمَا تَعَاطِي مُفْطِرٍ. تحفة المحتاج في شرح المنهاج - (ج 13 / ص 373)

(الثانية) إذا طهرت في أثناء النهار يستحب لها امساك بقيته ولا يلزمها لما ذكره المصنف هذا هو المذهب وبه قطع الجمهور ونقل امام الحرمين وغيره اتفاق الاصحاب عليه وحكي صاحب العدة في وجوب الامساك عليها. المجموع شرح المهذب - (ج 6 / ص 257)


( قوله وسن لصائم إلخ ) شروع في سنن الصوم ) وقوله تسحر إعانة الطالبين - (ج 2 / ص 245)

2.  HUKUM MANDI JUNUB SETELAH SAHUR

Assalamualaikum... mau tanya mandi junub setelah sahur itu gimna hukumnya ...

JAWABAN:
Hukum mandi junub setelah sahur (sebelum terbit fajar) adalah sunah.
bahwa kesunahan-kesunahan puasa ada 10 (dan seterusnya). Yang no. 4 adalah mandi dari hadats besar, baik dari junub, haidl dan nifas sebelum fajar, agar dapat memulai ibadah (puasa) dalam kondisi suci, dan mengantisipasi masuknya air ke dalam telinga, dubur atau yang lain. kesunahan tersebut agar keluar dari hilaf Abu Hurairah yang menyatakan ketidak afsahan puasa orang yang sedang junub. Secara implisit hal tersebut menunjukkan bahwa junub tidak mentiadakan puasa (tidak menyebabkan batal)

Referensi :

( و ) سنن الصوم عشرة الأول مذكور بقوله ( سن تسحر ).............الى ان قال و ) الرابع ( غسل عن ) الحدث الأكبر من ( جنابة ) وحيض ونفاس ( قبل فجر ) ليؤدي العبادة على الطهارة وللخشية من وصول الماء إلى باطن الأذن أو الدبر أو غيرهما وينبغي أن يغسل هذه المواضع قبل الفجر بنية رفع الجنابة إن لم يتهيأ له الغسل الكامل.
 نهاية الزين - (ج 1 / ص 194)


( ويستحب أن يغتسل عن الجنابة ) والحيض والنفاس ( قبل الفجر ) ليكون على طهر من أول الصوم وليخرج من خلاف أبي هريرة حيث قال لا يصح صومه وخشية من وصول الماء إلى باطن أذن أو دبر أو نحوه.
 مغني المحتاج - (ج 1 / ص 435)


5ـ الاغتسال عن الجنابة قبل الفجر: ليكون على طهر من أول الصوم ـ ومعنى ذلك أن الجنابة لا تنافي
الصيام، ولكن الأفضل إزالتها قبل الفجر.
 الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي (2/ 90)