Senin, 22 Mei 2017

NGAKU-NGAKU TIDAK PUNYA ISTRI



Soal; 

Bagaimana menurut pandangan agama menilai ucapan seseorang ketika ditanya oleh seorang wanita, apakah engkau sudah punya istri? Ia menjawab "aku belum punya istri"


Jawab;

Apa yang diucapkan oleg lelaki tersebut bisa dianggap sebagai ucapan thalaq, kalau ia berniat menthalak istrinya, namun kalau  hanya berniat menipu wanita, maka tidak termasuk ucapan thalaq, karena jawaban ini merupakan ucapan thalaq yang tidak shorih (jelas).


1.     المهذب - (ج 3 / ص 9)


و إن قال له رجل ألك زوجة فقال لا فإن لم ينو به الطلاق لم تطلق لأنه ليس بصريح و إن نوى به الطلاق وقع لأنه يحتمل الطلاق





2. SUAMI TIDAK MENYETUBUHI ISTRI


Soal;

Bagaimana hukum seorang suami yang tidak mau menyetubuhi istrinya sebagai nafkah batin? Apakah tidak bertentangan dengan firman Alloh swt. وعاشروا بالمعروف ?


Jawab;

melakukan hubungan badan antara suami istri adalah hak suami, ia berhak melakukan atau meninggalkannya. Dan ia tidak melanggar firman Alloh swt. karena yang dimaksud dalam firman tersebut adalah memberikan hak istri tanpa menunda-nunda, tidak menyakiti, dan mencukupi kebutuhan kehidupannya sesuai kemampuan suami.



1.     المجموع - (ج 16 / ص 411)


(فصل) ويجب على الزوج معاشرتها بالمعروف من كف الاذى لقوله تعالى (وعاشروهن بالمعروف) ويجب عليه بذل ما يجب من حقها من غير مطل لقوله عزوجل (وعاشروهن بالمعروف) ومن العشرة بالمعروف بذل الحق من غير مطل، ولقوله صلى الله عليه وسلم (مطل الغنى ظلم) ولا يجب عليه الاستمتاع لانه حق له فجاز له تركه كسكنى الدار المستأجرة، ولان الداعي إلى الاستمتاع الشهوة والمحبة فلا يمكن ايجابه.


والمستحب أن لا يعطلها لما روى عبد الله بن عمرو بن العاص رضى الله عنه قال قال لى رسول الله صلى الله عليه وسلم (أتصوم النهار، قلت نعم، قال وتقوم الليل، قلت نعم، قال لكنى أصوم وأفطر، وأصلى وأنام، وأمس النساء، فمن رغب عن سنتى فليس منى) ولانه إذا عطلها لم يأمن الفساد ووقوع الشقاق، ولا يجمع بين امرأتين في مسكن الا برضاهما، لان ذلك ليس من العشرة بالمعروف، ولانه يؤدى إلى الخصومة ولا يطأ احداهما بحضرة الاخرى، لانه دناءة وسوء عشرة، ولا يستمتع بها الا بالمعروف، فإن كانت نضو الخلق ولم تحتمل الوطئ لم يجز وطؤها لما فيه من الاضرار.