Deskripsi Masalah
Sering kita dengar di acara mauludan atau pembacaan diba’iyah yang bacaannya dilakukan dengan irama dangdut seperti nyanyiannya H. Rhoma Irama, orang orang barat dan penyanyi penyanyi lainnya. Karena mengikuti irama tersebut, sehingga merusak panjang pendeknya bahkan mengaburkan arti bacaan karena terputus putus.
Pertanyaan
Bagaimana hukumnya melakukan syi’ir di diba’ seperti irama lagu dangdut ?
Pon. Pes. Salafiyah Sladi Kejayan Pasuruan 76172 (0343) 427347 – 428454 – 427214
Jawaban
Pada dasarnya melantunkan syi’ir dengan lagu lagu tertentu diperbolehkan. Namun melantunkan mauludan atau diba’iyah dengan dengan lagu lagu tertentu yang sampai menyebabkan lahn(memanjangkan/memendekkan) bacaan yang tidak pada tempatnya seperti: أشرق البدر إلخdibaca أشرقا إلخ maka menurut sayyid Ahmad Zaini Dahlan dalam fatwanya hal tersebut hukumnya haram karena tidak layak dengan keagungan Rasulullah SAW.
Referensi
إحياء علوم الدين الجزء الثاني ص : 332
الوجه الرابع: أن الشعر الموزون يختلف تأثيره في النفس بالألحان التي تسمى الطرق والدستانات وإنما اختلاف تلك الطرق بمد المقصور وقصر الممدود والوقف في أثناء الكلمات والقطع والوصل في بعضها وهذا التصرف جائز في الشعر ولا يجوز في القرآن إلا التلاوة كما أنزل فقصره ومده والوقف والوصل والقطع فيه على خلاف ما تقتضيه التلاوة حرام أو مكروه.
اتحاف السادة الجزء السادس ص : 557
(وإنما اختلاف تلك الطرق بمد المقصور وقصر الممدود والوقف في أثناء الكلمة والقطع والوصل في بعضها وهذا التصرف جائز في الشعر) بالإتفاق (ولا يجوز في القرآن الا التلاوة كما أنزل) وتلقفه الخلف عن السلف (فقصره ومده والوقف والوصل والقطع فيه على خلاف ما تقتضيه التلاوة) والتجويد (حرام ومكروه)
بدع المساجد ص : 33
(مسألة ز) سئل السيد أحمد زيني دحلان مفتي الشافعية بمكة المتوفى بالمدينة سنة 1304 عن جماعة يقرءون مولد النبي يطربون فيه بالغناء والألحان والتكسير خصوصا في الأشعار والقصائد المتعلقة بجنابه e ويرفعون أصواتهم رفعا شديدا ويمدون المقصور وقصرون الممدود ويقفون في أثناء الكلمات ويقطعون بعضا عن بعض كما فعلوا بمثل قوله أشرق البدر علينا الأبيات يقولون أشرقا البادرو علاينا مارحبان الخ فهل ذلك حرام أو مكروه أو مباح؟ فأجاب بقوله التغني بالألحان والتكسير ورفع الصوت في قراءة المولد حرام بل الواجب على من حضر قراءة المولد سواء القارئ والسامع أن يكون فصيحا غير لاحن خافضا غير رافع الصوت خاشعا متواضعا متأدبا لحضرته وعظمته eوأن يتأمل ويتفهم ما يسمعه من أخلاقه الكريمة كما قال: وإنك لعلى خلق عظيم.
Masalah Za’ : Ahmad Zaini Dahlan seorang Mufti Madzhab Syafi’i di Mekah ( Wafat 1304 ) di tanya masalah jama’ah yang membaca Maulid Nabi SAW dengan gembira , beryanyi dan melagukan terlebih pada Syi’ir dan Qosidah yang berhubungan dengan Junjungnya ( Nabi Muhammad ) dengan mengeraskan suaranya dengan amat keras , memanjangkan kalimat yang seharusnya pendek , memendekkan kalimat yang seharusnya panjang , berhenti di tengah tengah kalimat dan memutus sebagian kalimat dengan sebagian yang lain seperti yang mereka lakukan misal perkataan ASYROQOL BADRU ALAINAA .... mereka mengucapkanya ASYROQOOL BAADRU ALAAINAA , MAARHABAAN dst. Apakah yang semacamitu haram atau makruh atau boleh ? beliau menjawab dengan ucapanya melagukan dengan bermusik , taksir , serta mengeraskan suara dalam pembacaan maulid adalah haram , bahkan wajib bagi orang yang hadir dalam majlis pembacaan maulid baik yang membaca ataupun yang mendengarkan agar fasih ( jelas ) tanpa lagu , mengecilkan suara dengan tidak mengeraskan suara , khusu’ tawadhu’, dan menjaga adab dihadapan rosulullah SAW serta mengangan angan dan memahami apa yang dia dengarkan seperti Ahlaq yang terpuji semisal ucapan WAINNAKA LA’ALA KHULUQIN ADZIM ( sesungguhnya engkau pada ahlak yang terpuji )
( Bida’ul Masajid Hal : 33)