Selasa, 18 April 2017

MEMBATALKAN SHALAT SUNNAH

1.   AL-QUR'AN DIBENTUK HIASAN

Bolehkah menulis Al Qur’an seperti basmallah dalam bentuk hiasan (seperti dalam seni kaligrafi/tulisan indah) yang kadang-kadang berbentuk beruang, bunga dan lain-lain?


Jawab :
Boleh apabila hiasan ayat Al Qur’an itu tetap mempertahankan (berpedoman) pada Rosm Usmani. Tetapi apabila tulisan itu menyimpang kaidah Rosm Usmani, menurut qoul mu’tamad Imam Malik dan Imam Ahmad itu tidak membolehkan.

Adapun hiasan ayat Al Qur’an mengambil bentuk burung atau hewan lainnya, hukumnya sama seperti hukum menggambar hewan, yakni :

Haram secara ijma’, bila berbentuk patung.

Khilaf (ada empat pendapat) kalau tidak berbentuk patung.


Dasar pengambilan :

I’anatu At Tholibin I / 68

أما كتابة القرآن بالحروف العربية ولكن لم تكتب بالرسم العثمانى ففيها ثلاثة اقوال والمعتمد عند الإمام مالك والإمام احمد أنّها غير جائزة.

Terjemah :
Adapun menulis Al Qur’an dengan huruf Arab namun bukan Rasm Usmani (tulisan Usmani) maka hal itu hukumnya ada tiga pendapat, menurut yang mu’tamad dari Imam Malik dan Imam Ahmad adalah tidak boleh.


Al Itqon II / 168 & 170

وقال البيهقى فى شعب الإيمان من يكتب مصحفا فينبغى أن يحافظ على الهجاء الذى كتبوا به تلك المصاحفة ولا يخالفهم فيه ولا يغيّر مما كتبوا شيئا فإنهم كانوا اكثر علما واصدق قلبا ولسانا واعظم أمانة فلا ينبغى أن نظنّ بأنفسنا استدراكا عليهم وكذلك فى الصحيفة 170 ونصّه: يستحب كتابة المصحف وتحسين الكتابة وتبيينها وإيضاؤها وتحقيق الخط دون مشقة. واخرج ابن أبى داود فى المصاحف عن ابن سيرين أنّه كُرها أن يكتب المصاحف مشقا قيل لم قال لأنّ فيه نقصا.

Terjemah :
Imam Baihaqi berpendapat dalam kitab Sya’bil Imam : bagi seseorang yang menulis ayat Al Qur’an sebaiknya menjaga huruf hijaiyah yang telah ditulis oleh para sahabat-sahabat dengan mushaf tersebut (tulisan-tulisan) tersebut. Dan tidak boleh bertentangan dan merubah dari tulisan-tulisan beliau karena mereka sudah banyak ilmunya, dan lebih jujur hati dan lisannya, dan lebih tinggi tingkat kepercayaannya,maka tidak layak bagi kita, merubah dari beliau-beliau.

Begitu juga dalam halama 170 dijelaskan :

Disunnahkan menulis mushaf dan memperbaiki tulisannya dan memperjelas serta menahqiqkan tulisan tanpa menyulitkan. Imam Ibnu Abi Dawud meriwayatkan dari Ibnu Sirin, sesungguhnya makruh menulis mushaf sampai menyulitkan (dibaca) karena hal itu mengurangi.


Shohih Al Bukhori hal 5950

اخرج البخارى عن عبد الله بن عمر قال سمعت عن النبى صلى الله عليه وسلم يقول إنّ اشدّ الناس عذابا عند الله يوم القيامة المصوّرون.


Terjemah :
Imam Bukhori meriwayatkan dari Abdullah bin Umar ia berkata “saya mendenganr dari Rasulullah SAW, beliau bersabda : “ seberat-berat siksa manusia di sisi Allah adalah mereka yang sama menggambar (membikin patung)


Fathu Al Bari X 474

(قوله صلى الله عليه وسلم فيه تماثيل) واستدل بهذا الحديث على جواز اتحاذ الصور إذا كانت لا دل لها.

(قول صلى الله عليه وسلم فيه تماثيل) أعم من أن يكون شاخصا أو يكون نقشا أو دهانا أو نسجا فى ثوب.




2.   ZAKAT DIBERIKAN PADA FAMILINYA

Bolehkah uang zakat diberikan kepada familinya yang miskin untuk modal ?


Jawab :
Boleh, bahkan sunnah, apabila nafaqoh family tersebut tidak menjadi tanggungan wajib Muzakki.


Dasar pengambilan :

Bughyatu Al Mustarsyidin : 106

(مسئلة ب ك) يجوز دفع زكاته بولده المكلف بشرط أن لا تلزمه نفقته ولا تمامها على الراجح. إلى أن قال.....ويجوز تخصيص نحو قريب بل يسنّ إذا لا تجب التسوية بين آحاد الصنف بخلافها بين الاصناف.


Terjemah :
Boleh memberikan zakat kepada anaknya yang mukallaf dengan syarat anak tersebut tidak wajib untuk dinafaqohi dan kesempurnaan nafkah anak itu tidak menjadi kewajiban orang yang membrikan zakat tersebut. Menurut qoul yang rojih …s/d… boleh mengkhususkan semacam kerabat untuk diberi zakat bahkan hukumnya sunnah. Karena tidak wajib menyamakan bagian diantara satu persatu dari satu golongan, berbeda halnya menyamakan bagian diantara beberapa golongan (asaanaf).



Al Muhadzab I / 171

(فصل) وسهم للفقراء، والفقير هو الذى لا يجد ما يقع موقعا من كفايته فيدفع إليه ما تزور به حاجته من آدة يعمل بها إن كان فيه قوّة للبضاعة يتجر فيها حتى لواحتاج إلى مال كثير للبضاعة التى تصلح له ويحسن التجارة فيها وجب أن يدفع إليه

Terjemah :
Satu bagian untuk fuqoro’. Fakir adalah orang yang tidak mendapatkan sesuatu yang dapat mencukupinya maka ia diberi sesuatu yang bias memenuhi kebutuhannya yaitu alat yang dipakai bekerja jika ia memiliki kemampuan berdagang sehingga seandainya ia butuh harta yang banyak untuk berdagang yang layak baginya dan ia membidangi perdagangan itu maka wajib ia diberi sesuatu yang menyamai harta itu.




3.    MEMBATALKAN SHALAT SUNNAH

Bagaimanakah hukumnya membatalkan sholat sunnah, lantaran dipanggil orang tuanya sendiri? Apalah masih memperoleh pahala ?


Jawab :
Hukumnya membatalkan sholat sunnah untuk memenuhi panggilan orang tua, boleh. Dan menjadi sunnah apabila tidak memenuhi panggilan itu menimbulkan masyaqot beliau berdua (orang tua) bahkan menurut Syaikh Tajuddin AL Subki menjadi wajib apabila tanpa dipenuhi panggilan tersebut diyakini dapat menimbulkan sakit hati beliau (orang tua)


Dasar pengambilan :

Al Syarqowi I / 268

وتحرم اجابه الوالدين بالفرض وتجوز فى النفل وهي افضل فيه انشق عليهما عدمها وتبطل الصلاة بها مطلقا.

Terjemah :
Haram manjawab kedua orang tua di dalam sholat fardlu, boleh menjawab tersebut di dalam sholat sunnah, menjawab lebih baik di dalam shlat sunnah jika tidak menjawab memberatkan kedua orang tua tersebut dan batal sholat dengan menjawab tersebut secara mutlak.


Hasyiyah Ibnu Qosim Al Ubadi Ala Tuhfatu Al Muhtaj Fi Hasyiyah Al Syarwani : II / 139

(قوله تجب فى فرض) قد يفهم جوازها قول السيكى المختار القطع بأنّه لا يجب هما فى الفرض وإن اتصع وقته لأنّه يلزم بالشروع خلافا للإمام وتجب فى نفل إن علم تأذيهما بتركها ولكن تبطل.


Terjemah :
(kata Ibnu Hajar wajib di dalam fardlu) Qoul Imam Al SUbki terkadang memberikan kefahaman terhadap bolehnya ijabah. Pendapat yang dipilih adalah memastikan tidak wajib ijabah kedua orang tua di dalam sholat fardlu walaupun waktunya masih panjang karena fardlu menjadi wajib sebab melakukan, berbeda dengan Imam Haromain. Ijabah wajib di dalam sholat sunnah jika tidak menjawab itu menyakiti kedua orang tua akan tetapi sholatnya batal.





4.   SHALAT JAMA'AH PADA LAIN MADZHAB

Bagaimana hukumnya orang bermadzhab Syafi’I makmum sholat kepada Imam yang bermadzhab selain Syafi’I seperti jama’ah haji Indonesia yang bersholat jama’ah di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi ?


Jawab :
Hukum makmum kepada Imam yang berbeda madzhab fiqihnya ada dua pendapat :

Tikak sah, kalau yang dibuat pedoman adalah hukum yang diyakini kebenarannya oleh makmum.

Sah, kalau yang dibuat pedoman adalah hukum yang diyakini kebenarannya oleh Imam.


Dasar pengambilan :

Hasyiyah Al Jamal Ala Syarhi Al Minhaj I / 520

فلو شك شافعي فى اتيان المخالف بالواجبات عند المأموم لم يؤثر فى صحة الاقتداء تحسينا لظن به فى توقى الخلاف.


Terjemah :
Seandainya orang Syafi’i ragu tentang melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kewajiban-kewajiban menurut makmum maka keraguan itu tidak berpengaruh dalam keabsahan bermakmum karena memperbaiki sangkaan pada orang tersebut dalam menjaga khilaf.


Al Mahali I / 229

(ولو اقتدى شافعي بحنفي مس فرجه أو اقتصد فالأصحّ الصحة) اى صحة الاقتداء (فى القصد دون المس اعتبارا بنية المقتدى) اى باعتقاده. والثانى عكس ذلك اعتبارا بنية المقتدى به اى القصد بنقض الوضوء دون المس, ولو ترك الأعتدال او الطأنينة او قراءة غير الفاتحة لم يصح اقتداء الشافعى به, وقيل يصح اعتبارا باعتداءه ولو حافظ على واجبات الطهارة والصلاة عند الشافعى صح اقتداؤه به ولو شكّ فى اتيانه بها فكذلك تحسينا لظن فى التوقى الخلاف.


Terjemah :
Seandainya orang bermadzhab Syafi’i bermakmum kepada orang yang bermadzhab Hanafi yang telah menyentuh farjinya atau ia bercantuk (mengeluarkan darahnya) maka menurut qoul ashoh sah makmumnya dalam masalah fashdu (cantuk) tidak sah dalam masalah menyentuh farji karena menganggap pada niat atau keyakinan orang yang bermakmum. Pendapat yang kedua kebalikan dari pendapat yang tadi, karena menganggap pada keyakinan orang yang diikuti (Hanafi), maksudnya fashdu (cantuk) bisa membatalkan wudlu, tidak membatalkan menyentuh farji. Seandainya Imam yang bermadzhab Hanafi meninggalkan I’tidal, atau tuma’ninah atau membaca selain fatihah maka tidak sah bermakmumnya Syafi’i kepada Hanafi tersebut ada yang mengatakan sah karena memandang pada i’tiqodnya Hanafi seandainya orang Hanafi itu menjaga atas wajib-wajibnya thoharoh dan sholat menurut orang Syafi’i maka sah makmumnya orang Syafi’i kepada orang Hanafi tersebut. Seandainya orang Syafi’i ragu-ragu mengenai tindakan orang Hanafi dengan tindakan tadi maka juga sah I’tiqodnya Syafi;i karena memperbaiki dzon (sangkaan) dalam menjaga khilaf.


Tadzhibu Al Furuk Wa Al Qawa’idu Al Saniyah Fi Al Asrori AL Fiqih II / 113 & 114

العبرة فى الشرط صحة الصلاة بمذهب أى الإمام وفى الشرط صحة اقتداء بمذهب المأمومك على ما قاله الأوفِيُّ.

Terjemah :
Anggapan dalam syarat sahnya sholat adalah pada madzhabnya Imam sedangkan dalam syaratnya sah bermakmum pada madzhabnya makmum menurut Imam Al Aufi.





5.   HAJI TIDAK MELAKUKAN TOWAF WADA'

Jama’ah haji tahun 1400 yang pulang tidak melaksanakan thowaf wada’ lantaran pemerintah Saudi Arabia melarang jama’ah tersebut memasuki Masjidil Haram, sebab kawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (waktu itu salah seorang pemberontak yang menamakan dirinya Imam Mahdi berada di lantai bawah di dalam Masjidil Haram). Apakh jama’ah haji tersebut masih berkewajiban membayar dam ?


Jawab :
Tidak berkewajiban membayar dam / fidyah, sebab mereka termasuk ma’dzur sehingga tidak dituntut melakukan thawaf wada’ seperti wanita yang haid.


Dasar pengambilan :

Al Tsamari Al Yaani’ah Syarhi Al Riyadu AL Badi’ah : 73

ويجب بتركه أوطواف الوداء دم على الغير معذور وإن لم يكن حاجا أو معتمرا. إلا أن قال.....أما الحائض والنفساء والمستحضة التى نفرت فى نوبة حيضها وذو جرح نضاح يخشى منه تلويث المسجد ومن خاف ظالما أو فوت رفقه فلا يطلب منهم طواف الوداع فيسيرون بلا وداع.


Terjemah :
Dan wajib mambayar denda (dam) atas orang yang tidak ma’dzur walaupun berhaji atau umroh sebab meninggalkan thawaf wada’. Hingga beliau berkata “ adapun wanita yang sedang haid, nifas, mustahadhoh yang melakukan nafar pada waktu giliran haidnya, orang yang mempunyai luka bercucuran darah yang dikawatirkan mengotori masjid dan orang yang ikut orang dzolim atau ketinggalan temannya maka mereka tidak dituntut melakukan thawaf wada’. Mereka boleh pulang tanpa melakukan thawaf wada’.


Hasyiyah Al Jamal Ala Fathi Al Wahab II / 481

(امّا نحوى الحائض الخ) مثل الحائض المعذور لخوف ظالم أو فوت رفقه على المعتمد فلا يجب عليه طواف الوداع ولا تلزمه الفدية.

Terjemah :
Semisal wanita haid adalah orang yang ma’dzur karena takut orang dzalim atau tertinggal teman dekat menurut pendapat mu’tamad, maka tidak wajib atasnya melakukan thawaf wada’ dan tidak wajib mambayar fidyah.